kumparan
15 Jun 2018 8:00 WIB

Pengalaman Memandikan Si Kecil Ala Mom Dinda

Ternyata selain membicarakan tentang ASI, kelas laktasi juga membicarakan tentang cara memandikan bayi, dari sebelum puput tali pusarnya sampai nantinya puput sendiri.
ADVERTISEMENT
Apa yang diajarkan di kelas laktasi tersebut langsung saya praktekan begitu kembali ke rumah. Mamaku sampai heran aku langsung bisa memandikan bayi, yang kira-kira kalau dilihat dari fotonya digeser seperti ini tahapannya:
Buka semua baju bayi, lalu lap seluruh bagian badannya mulai dari kepala hingga kali menggunakan waslap yang telah direndam air hangat ditambah sabun bayi.
Bilas sisa sabun dengan menggunakan air hangat. Untuk memudahkan, biasanya saya menggunakan baby bather yang diletakkan di atas bak mandi bayi. Sebelum ada baby bather aku langsung meletakkan bayi di bak mandi bayi tapi telinga kiri kanan aku tutup dengan jari telunjuk dan jempolku.
ADVERTISEMENT
Ini bagian yang paling saya sukai yaitu mengeringkan bayi dengan menggunakan handuk. Setelah itu biasanya saya pijat lembut bagian perut sampai telapak kakinya. Biasanya aku suka ajak ngobrol sambil memijat Daisha.
Walaupun pihak RS tidak menyarankan menggunakan gurita tapi aku tetap memakaikan gurita atas saran keluarga karena Daisha suka kembung jadi fungsi gurita untuk menempelkan daun jarak atau daun kunyit, atau paling tidak membuat bayi tetap hangat.
Lanjut mengenakan baju dan popok (2 minggu awal Daisha belum dibiasakan memakai diapers kalau di rumah)
Terakhir di bedong, karena Daisha sangat suka di bedong, banyak yang bilang mungkin karena di rahim biasa ketat dan hangat sehingga kalau di bedong tidurnya jadi tidak kagetan.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat.
By: Dinda Januari Cipta
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan