kumparan
24 Agu 2018 13:10 WIB

Pentingnya Fitur Stimulasi pada Pompa ASI

Salah satu kunci keberhasilan menyusui adalah Let Down Reflex atau LDR. Apa sih sebetulnya LDR itu? Mengapa hal ini penting bagi ibu menyusui? Untuk mengerti proses Let Down Reflex, Moms harus terlebih dahulu mengetahui proses distribusi ASI. 
ADVERTISEMENT
Bagaimana terjadinya LDR?
Ketika bayi menyedot puting, hal ini menstimulasi saraf di sekitar puting dan mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin memiliki tugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas untuk mendorong ASI keluar. Di saat kedua hormon ini bekerja dengan baik, maka terjadilah refleks ASI yang keluar melalui puting payudara. Refleks inilah yang dinamakan sebagai Let Down Reflex. Pada proses LDR ini bayi biasanya akan menyedot dengan cepat. Setelah selang beberapa waktu, Moms akan melihat pola sedotan bayi berubah menjadi lebih dalam dan lebih lama, di sinilah bayi mendapatkan ASI yang berkualitas. 
Apa tanda-tanda LDR? 
Beberapa Moms akan merasakan payudara penuh, atau merasakan sensasi geli di sekitar puting payudara. Namun, beberapa Moms juga mungkin tidak merasakan apapun. Dalam beberapa kasus, ada juga Moms yang ketika sedang menyusui atau memompa dari satu payudara, mengalami ASI keluar dari payudara lainnya. 
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan pumping Moms? Apakah LDR bisa terjadi pada Moms yang memompa ASI?
Bagi Moms yang menggunakan alat bantu pompa ASI, Moms dapat merangsang LDR dengan melakukan pijat payudara sebelum memulai memompa. Namun dengan berkembangnya teknologi dan inovasi, pompa ASI yang beredar di pasaran saat ini sudah ada yang menawarkan fitur-fitur yang sangat berguna untuk menstimulasi LDR. Bagaimana caranya? 
1. Dengan fitur massage
Memijat payudara dapat menjadi salah satu cara untuk memancing Let Down Reflex. Dengan teknologi massage yang terdapat pada mesin pompa ASI berarti Moms tidak perlu lagi melakukan pijat manual. Anda hanya perlu memasang alat pompa dengan baik dan biarkan mesin bekerja. Moms dapat mengaktifkan fitur pijat ini sambil melihat foto atau video si Kecil. Cara ini banyak dibuktikan berhasil memicu LDR bagi banyak Moms. 
ADVERTISEMENT
2. Adjustable vacuum level
Secara natural, biasanya LDR akan terjadi ketika bayi menghisap puting. Oleh karena itu memilih pompa ASI yang memiliki daya hisap menyerupai bayi sangatlah penting. Tentunya hisapan bayi berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan adanya fitur hisap yang dapat disesuaikan kekuatannya akan memberikan kemudahan bagi Moms untuk menentukan level hisapan yang nyaman bagi Anda masing-masing. 
Dengan adanya berbagai inovasi teknologi yang diciptakan saat ini, para working Moms dapat terus memberikan ASI walaupun sibuk bekerja dan beraktivitas. Yuk Moms, semangat. Remember, breastfeeding is a gift that lasts a lifetime.
 
Semoga bermanfaat.
By: Babyologist Editor.
 
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan