kumparan
KONTEN PENGGUNA
13 Maret 2019 11:51

Perawatan Kulit untuk Baby Rory

Saat awal-awal Rory lahir, saya selalu berasumsi bahwa Rory tidak akan ada masalah dengan kulitnya. Jadi saya cukup cuek untuk hal ini, ditambah DSAnya mengatakan bahwa tidak perlu perawatan aneh-aneh pada kulit bayi. Oleh karena itu, saya seperti biasa saja untuk hal perawatan kulit dan tidak ada treatment khusus, seperti menggunakan produk sabun baby yang ada kandungan SLS, tidak menggunakan lotion, baby oil, atau aneka minyak.
ADVERTISEMENT
Awal-awal kulit Rory tidak ada masalah dan saya senang karena asumsi saya benar. Akan tetapi, hal itu hanya berlangsung sebulan. Setelah itu, di lipatan kaki Rory mulai terlihat kering hingga akhirnya lecet dan jika bagian tersebut disentuh, Rory suka mengelak karena perih. Saya mencoba mengoleskan baby oil tetapi kulit keringnya tidak kunjung sembuh dan saya semakin panik karena makin lama kulit tangannya juga mulai kering.
Akhirnya saya mulai mencoba melakukan perawatan kulit pada Rory. Pertama-tama dengan mengganti sabun yang digunakan dengan sabun yang bebas SLS. Sabun yang saya pilih adalah sabun sereh dari Miels. Alasan saya memilih sabun ini karena sewaktu hamil, kulit saya juga sempat kering dan saya cocok dengan sabun ini. Selain itu, sabun ini mengandung minyak sereh yang bisa mengurangi gigitan nyamuk karena pada kondisi tertentu suka banyak nyamuk di rumah. 
ADVERTISEMENT
Selama seminggu penggunaan sudah menunjukkan hasil yang positif, yaitu tidak ada gejala penambahan kulit kering di area lain. Sedangkan untuk luka di lipatan kaki, saya mengoleskan minyak kelapa dan berangsur-angsur sembuh.
Setelah itu, saya mulai merawat kulit Rory agar tetap terjaga kelembapannya, antara lain:
  • Menggunakan sabun yang tidak mengandung SLS dan saya tetap memilih Miels yang juga sekaligus saya gunakan untuk shampoo Rory. 
  • Menambahkan beberapa tetes baby oil ke dalam air mandi untuk menjaga kelembaban kulit
  • Khusus untuk diaper area, Rory hanya menggunakan diaper di waktu malam atau saat bepergian. Saya selalu tap-tap dengan wet cotton di area bawah sehabis Rory buang air kecil atau buang air besar. Minimnya penggunaan diaper bertujuan agar kulit Rory tetap bisa bernapas. Bila muncul ruam, saya hanya mengolesi dengan minyak kelapa di area yang timbul ruam.
  • Terakhir, saya membatasi penggunaan pendingin ruangan (AC), yaitu hanya pada malam hari atau saat cuaca panas yang ekstrem karena penggunaan AC juga dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering.
ADVERTISEMENT
Perawatan kulit ini cukup efektif dan efisien lho Moms.
Semoga bermanfaat.
By: Aurora Tamia
Copyright by Babyologist
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan