kumparan
14 Jun 2019 23:59 WIB

Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Perjalanan Jauh Bersama Anak

Ketika baru pertama kali ingin bepergian jarak jauh bersama si Kecil dan dalam jangka waktu yang relatif lama, pasti banyak sekali barang yang harus dibawa. Sehingga Moms terkadang bingung, mana yang harus didahulukan untuk dibawa saat bepergian? Belum lagi Moms juga harus membawa barang pribadi, suami, hingga oleh-oleh untuk keluarga. Sementara, bagasi yang disediakan oleh maskapai terbatas.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, bawalah barang yang benar-benar Moms dan keluarga butuhkan. Sebagai referensi, saya ingin membagikan daftar barang yang biasa saya bawa saat bepergian jauh dengan pesawat bersama bayi.
1. Diaper Bag yang berisi barang keperluan bayi selama perjalanan darat dan udara. Setiap Moms yang memiliki bayi, diaper bag merupakan barang paling esensial saat bepergian, karena memiliki ruang yang banyak dan didesain khusus untuk membawa perlengkapan bayi. Apa saja yang perlu Moms sediakan di dalam diaper bag?
  • Baby Comfort, berupa balsam bayi atau telon, pacifier, teether, dan earmuff.
  • Baby Diapers bersama tisu basah dan kering.
  • Baju ganti bayi dan kaos kaki cadangan.
  • Baby cologne.
  • Obat-obatan bayi jika anak kurang enak badan.
  • Mainan bayi untuk mencegah anak bosan saat dalam perjalanan.
  • Kantong plastik, untuk baju yang sudah terkena kotoran, dll.
  • Camilan, makanan bayi, bib/slabber, serta perlengkapan makan dan menyusu seperti botol dan termos.
2. Baby gear berupa gendongan dan atau stroller Biasanya saya selalu membawa keduanya, terutama jika pesawat yang saya gunakan akan transit. Saya memilih membawa stroller agar anak dapat tidur dengan nyaman dalam masa transit. Pastikan stroller yang dibawa adalah stroller ringan dan cabin size. Jika tidak mempunyai stroller ringan, Moms dapat menggunakan gendongan yang nyaman dan tidak menimbulkan pegal.
ADVERTISEMENT
3. Koper yang cukup besar untuk memuat perlengkapan mandi bayi, pakaian bayi, gunting kuku bayi, beserta perlengkapan Moms. Pastikan untuk memasukkan gunting kuku bayi di koper, agar tidak ditahan saat melakukan pengecekan x-ray. Moms dapat membawa cadangan popok secukupnya, biasanya saya memilih untuk membeli popok di daerah tujuan, agar tidak memakan banyak tempat.
Semoga barang-barang tersebut dapat menjadi referensi bagi Moms yang bingung dalam mempersiapkan keperluan bayi saat travelling.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan