Pencarian populer

Persalinan Secara Caesar Tidak Memalukan

Banyak yang beranggapan negatif dan memandang remeh ibu yang melahirkan secara caesar. Saya pun pernah mendapatkan lontaran ucapan dari rekan kerja senior yaitu "Kamu lahiran caesar, belum merasakan sakitnya lahiran normal, belum menjadi ibu sesungguhnya." Sakit hati? Ya, sedikit, namun segera saya membalasnya dengan bijak "Bu, menjadi ibu sesungguhnya bukan dilihat dari lahiran normal atau caesar, lahiran caesar pun perlu perjuangan dan pengorbanan. Ibu yang sesungguhnya adalah bagaimana ia memperlakukan, mendidik, mengasuh, menjaga, merawat anaknya dengan baik dan benar, dengan penuh kasih sayang dan cinta."

Ya, masih banyak orang yang memandang negatif ibu yang melahirkan secara caesar. Padahal pastinya hampir semua ibu menginginkan lahiran normal, namun jika ada indikasi medis dan kondisi darurat demi menyelamatkan ibu dan anak lalu ditempuh dengan cara caesar, apakah itu salah?

Saya melahirkan anak pertama secara caesar karena denyut jantung kakak saat diperiksa sudah tidak stabil, dengan lilitan tali pusar dan posisi kakak yang tidak kunjung turun, akhirnya saya melahirkan secara caesar. Mungkin inilah memang jalan lahirnya kakak. 

Saat operasi akan dimulai, saya sudah jauh hari mempersiapkan mental untuk tetap tenang dan selalu berpikiran positif, entah itu lahiran normal atau caesar, saya akan menerimanya demi keselamatan dan kesehatan ibu dan anak. Tidak lama proses operasi, akhirnya saya bisa bertemu dengan buah hati yang selama ini saya kasihi dan cintai dalam kandungan.

Moms, jangan malu melahirkan secara Caesar, melahirkan secara caesar bukanlah tindakan yang salah. Semoga tidak ada lagi orang-orang di luar sana yang memandang remeh ibu yang melahirkan secara Caesar.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36