kumparan
26 Februari 2019 11:24

Persiapan Travelling with Toddlers

Moms, kemarin ini pas aku ke Jogja banyak yang bertanya lewat DM, Dila di sana rewel ga Mom? Kecapean ga Mom? Apa aja yang dibawa? Dan sebagainya. Ini coba aku sharing ya Moms apa saja yang aku lakukan dan persiapkan buat Dila.
ADVERTISEMENT
Aku dan suami memang sudah plan akhir tahun ini kita mau liburan. Niat awalnya ke Malang. Tapi ternyata kita ragu juga soalnya Malang kejauhan. Kita sangsi Dila kuat buat dibawa sejauh itu. Jadilah kita putuskan ke Jogja dulu deh yang lebih dekat. Kita lihat dulu kalau Dila kuat ke Jogja, plan selanjutnya nanti kita coba bawa ke tempat yang lebih jauh. Mengingat Dila tidak pernah pergi jauh-jauh, paling mentok Bogor-Bandung. Tapi alhamdulillah Dila benar-benar bikin kita enjoy banget. Dila sama sekali tidak rewel (hanya selama di Jogja makannya sedikit sekali), mau tidur juga bisa di mana kapan saja, sehat banget. Sampai di rumah juga sama sekali tidak sakit dan rewel.
ADVERTISEMENT
Nah, persiapan ini yang aku lakukan buat Dila ya Moms. Ada juga yang sudah aku lakukan dari H-sebulan.
  1. Aku selalu kasih Dila vitamin atau madu full sampai mau berangkat itu (di selang seling saja, misal hari ini vitaminnya, besok madu).
  2. Selalu make sure tidurnya cukup ya Moms.
  3. Makannya dijaga dan asupan gizinya juga. Aku selalu kasih Dila buah setiap hari.
  4. List barang-barang apa saja yang diperlukan. Misalnya berapa baju yang diperlukan, pampersnya, toiletriesnya, susunya, makanannya, dll, pokoknya semuanya perintilan dia.
  5. H-2 mulai packing sedikit-sedikit biar tidak keteteran (aku waktu itu berangkat jam 3 pagi, rempong kalau harus menyiapkan semua H-1).
  6. Dari H-sebulan sudah plan mau ke mana saja dan kalau bisa sudah mulai book hotel biar sampai sana tidak ribet lagi.
  7. Bawa camilan yang banyak dan makanan-makanan instan, khawatir di jalan susah cari makan atau semacamnya (aku misalnya bawa pop mie, super bubur, coco crunch).
  8. Bawa P3K untuk jaga-jaga. Terutama obat-obatan anak sehari-hari. Misalnya bawa paracetamol khawatir dia demam, bawa lacto-B takut sembelit, termometer, bye2 fever, tolak angin anak dan madu (aku berikan ke Dila setiap hari, even di Jogja juga aku kasih).
  9. Bawa mainan anak biar tidak bosan. Kalau aku bawa buku activity 1. Sisanya aku bawa buku stiker dan stiker-stiker yang aku beli di Alfamart / Indomaret gitu Moms. Soalnya Dila suka banget tempel-tempel stiker. Jadi biar tidak bosan kalau dia di mobil.
  10. Memisahkan setiap anggaran. Jadi kalau aku uang-uangnya dipisahkan dimasukkan ke amplop-amplop. Masing-masing amplopnya beda-beda budget-nya. Misalnya ada amplop buat anggaran oleh-oleh, makan, transportasi, belanja, uang cadangan dll. Jadi kalau pas mau dipakainya kita ambil uangnya di amplop yang dibutuhkan. Jadi terencana semua pengeluarannya. Aku pribadi menombok di uang belanja, jadi melebihi budget.
ADVERTISEMENT
Itu saja sih persiapan aku, kira-kira Moms lain ada yang punya cara lain atau trik lain biar liburan lebih happy? Sharing yuk!
Semoga bermanfaat.
By: Mala Sari
Copyright by Babyologist
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan