Pencarian populer

Tips Melancarkan dan Memperbanyak ASI

Elena lahir itu tgl 4 febuari di carolus.. jadi kalo lahiran disana itu babynya abis observasi langsung 24 jam sm kita ( room in). Diambil cuman kalau mau ada rangkain test atau pagi mau jemur dan mandi.

Aku tuh lahirannya sc jadi belom bisa tuh berdiri dari ranjang selama 24 jam.. didudukin aja belom bisa.. makanya ga bisa langsung rajin pompa. Jadilah selama di RS nyoba dulu yang namanya direct breastfeeding.. keliatannya gampang yah guys tp baru sehari aja langsung lecet, hari ke 2 langsung berdarah2.. berasa sakit bangettt ampe tiap mau nyusuin rasanya mau nangis..

Selama direct breastfeeding asi nya keluar .. mulutnya elena jg kaya ada kerak bekas nyusu gt.. jadi biar sakit dibela2in deh yang penting anaknya nyusu.. Ternyata oh ternyata... pas mau pulang bilirubin tinggi.. jadi dia kuning.. dan berat badan turun lebih dr 10 persen berat tubuhnya. Sedih banget yah udah nyusuin nahan sakit.. sekali nyusu lama banget bisa 30 menit.. tp anaknya ternyata ga dapet apa2..

Karena si baby nginep nambah sehari buat disinar. Aku mutusin, oklah nih anak minum sufor dulu.. karena kalo anaknya minum pinter, bilirubin dia bisa keluar lewat bab sm bak dia. Kalo andelin asi aku kurang, maksa harus asi , aku tkt nih anak tambah lama di tahan di RS.

Selagi elena di rs, di rmh aku mulai deh ritual pompa aku.. sedih yahh cuman dapet embun aja ( itu berati udah hari ke 3) dan elena wkt itu udah minta 20 ml sekali minum. Tp aku paksa pompa terus.. biar pas2an buat dia minum aku paksa gpp.. jadi dia minum asi kalo ga cukup baru aku tambahin sufor. Jadi elena mengonsumsi sufor itu ampe hari 5 ( tp sehari kaya cmn 1/2x)

Terus deh lanjut sampe hari ke 10 asi aku mulai membuahkan hasil.. 2 jam sekali bisa dapet 100ml. ( ada si feed ig aku tuh tgl 14feb post sekalian ikut giveaway Spectra). Kesannya banyak yah 100 ml tp elena juga minumnya kaya anak cowo..ttp mepet ga bisa ada stock.. sering jg lg mompa anaknya udah nangis ga ada stock.

Ok inti ceritanya ini, awalnya aku tuh ga ada ASI, gimana bs jadi banyak?

  1. Cuman karena aku tuh rutin aja tiap 2 jam sekali, dan sekali pump itu lgsg kanan kiri 15 menit.
  2. Minum yang banyak (sehari bs ampe 3 liter)
  3. Sebulan pertama aku makan kuah2 gitu, semua kuah aku konsumsi ampe bersih
  4. Vitaminnya Blackmores and Herbs of good (ini bantu banget)
  5. Ga usah dibawa stress kalo belom cukup yaudah campur aja dulu sm sufor ( sufor bukan racun loh.. daripada anaknya laper ga bisa tidur, jadi rewel kan kita juga jadi stress)
  6. Ada wkt istirahat harus maksimalin ikut tidur.

Dari pengalaman aku begini yah temen2 semua.. semoga berfaedah yah buat kalian.

Btw aku pompa 2 jam sekali rutin itu cuman buat mancing supaya produksi asi nya lancar dan banyak. Waktu udah mulai banyak aku mulai mundurin waktu mompanya.. patokannya itu misal elena sekali minum 80ml. Aku pompa 160ml. Udah 2x lipat kan? Nah aku mundurin deh jadi 3 jam..

Sekarang aku udah mundurin lagi jadi 4 jam sekali yah.. ( udah dari elena 3,5 bulan kalo ga salah) soalnya anaknya minum 100ml. Aku 4 jam itu bs mompa 300ml.. jadi masih ada cadangan buat elena dan masih bisa nyimpen..

Next aku sharing cara aku simpen asi, daya tahan asi ( di suhu ruangan,ac dan freezer), management asi aku buat elena gimana, dan perbandingan pompa asi ( aku pernah pake Medela double swing dan sekarang pake Spectra s1+ dan 9+). Semoga bermanfaat yah Moms!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57