kumparan
18 Mei 2019 12:19 WIB

Tips Menambah Nafsu Makan Bayi

Nafsu makan pada setiap bayi berbeda-beda, ada anak yang mau makan apa saja, tetapi ada juga anak yang ketika waktu tidak mau makan (cenderung susah makan). Namun Moms tidak perlu panik, berikut ada beberapa tips:
ADVERTISEMENT
  1. Jangan memaksa.Ketika bayi sedang makan, jangan memaksa bayi agar makan dengan cepat karena ini akan memancing ketegangan bayi pada waktu makan dan akan berdampak negatif untuk jangka panjangnya.
  1. Berikan makanan yang bervariasi.Moms harus mencoba untuk memberikan makanan yang tidak biasa diberikan kepada bayi ketika makan, sehingga bayi merasakan rasa yang baru.
  1. Perhatikan jadwal makan bayi.Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa bayi membutuhkan makan sebanyak 3-4 kali sehari, namun tidak harus selalu diberikan makanan berat, bisa juga diselingi dengan makanan ringan atau snack.
  1. Ajak bayi makan sendiri.Moms harus sesekali membiarkan anak makan sendiri, walaupun berantakan ini akan mengoptimalkan keterampilan makan bayi dan membuat bayi menjadi bersemangat ketika sedang makan.
ADVERTISEMENT
  1. Ajak bayi bermain ketika makan.Mengajak makan bayi sambil bermain terkadang diperlukan untuk menciptakan suasana yang berbeda (agar bayi tidak bosan). Namun bermain yang dimaksud adalah bermain bersama dengan Moms, bukan dengan gadget.
  1. Pilihlah tempat makan yang menarik.Berikan tempat makan yang menarik dan disukai bayi Moms, misalnya bergambar hewan atau karakter kartun yang disuka dan menarik.
  1. Pilihlah suasana makan yang berbeda.Suasana makan yang selalu itu-itu saja juga membuat bayi jenuh dan bosan, terkadang Moms harus memberikan suasana yang berbeda.
Semoga setelah mencoba tips di atas, bayi Moms akan bertambah nafsu makannya ya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan