kumparan
12 Juni 2019 9:49

Tips Mencegah Persaingan Kakak dan Adik

Ilustrasi anak, adik - kaka, menjaga adik, adik baru
Ilustrasi seoarang kaka bersama adiknya. Foto: pixabay.com
Mencegah Sibling Rivalry
Moms, Dads, pernah dengar istilah sibling rivalry? Yap, menurut kamus kedokteran Dorland, sibling rivalry adalah kompetisi antara saudara kandung untuk mendapatkan cinta kasih, afeksi dan perhatian dari satu di antara kedua orang tuanya, atau untuk mendapatkan pengakuan atau suatu hal yang lebih.
ADVERTISEMENT
Kehadiran anggota keluarga baru (adik) dalam keluarga terkadang dapat menimbulkan situasi yang tidak menyenangkan, terutama kepada saudaranya. Untuk itu, ada hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.
Aku adalah seorang ibu dengan dua orang anak yang berusia terpaut 32 bulan. Saat itu, saat saya menyapih anak yang pertama, saya dinyatakan hamil anak kedua. Pada saat aku hamil anak kedua, setiap hari aku selalu sounding ke Elmer (anak pertama) bahwa di dalam perut mama ini ada adik bayi yang lucu, dan Elmer sebentar lagi bakal jadi kakak. Nanti, kalau adik Elmer sudah lahir, kita semua harus saling menyayangi. Alhamdulillah, masnya selalu antusias ketika memegang perut dan selalu mencium-cium perut aku sambil sesekali berbisik "aku sayang adik". Selalu begitu setiap hari sampai hari-H aku melahirkan anak kedua.
ADVERTISEMENT
Ketika adiknya lahir, Mas Elmer sangat sayang pada adiknya. Aku juga selalu mengajak Mas Elmer untuk berkontribusi ketika sedang merawat adiknya, Valya. Misalnya "Yuk, mas Elmer, ikut mama mandiin adik, pasti seru sekali," dan sampai sekarang masih seperti itu dia selalu antusias.
Sebagai ibu, aku juga selalu berusaha bersikap adil sesuai dengan kebutuhannya. Memberikan perhatian yang sepadan terhadap kakak dan adik, merupakan salah satu cara mengatasi sibling rivalry yang efektif. Hal ini dikarenakan masalah utama penyebab sibling rivalry adalah kecemburuan si kakak terhadap kehadiran si adik yang mendapat perhatian.
Menurut saya, yang terpenting adalah kesabaran dan keuletan, serta contoh-contoh yang baik dari perilaku kita sehari-hari. Hal tersebut merupakan cara mendidik anak-anak untuk menghindari sibling rivalry yang paling bagus. Sebagai orangtua pastinya senang banget kalau anak-anak selalu rukun, serta harapannya sampai kapanpun bakal selalu rukun.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan