Pencarian populer
ASI lancar merupakan idaman bagi para ibu yang baru melahirkan, tidak heran kalau Moms selalu mencari berbagai macam solusi ASI lancar dan berkualitas. ASI merupakan asupan yang paling penting bagi newborn baby hingga usianya 6 bulan. ASI adalah satu-satunya asupan yang harus terpenuhi, namun Moms jangan bersedih bila ASI-nya memang sama sekali tidak keluar atau harus memberikan sufor, karena setiap ibu pasti memberikan yang terbaik buat anaknya.
Ketika saya hamil sekitar 7 bulan, ASI saya sudah mulai merembes keluar hingga terkadang baju saya hanya bisa dipakai berkisar 3 jam, setelah itu harus diganti kalau tidak akan berbau amis dan tidak enak dicium. Di sini saya akan membagikan beberapa solusi ASI lancar berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Solusi ASI Lancar
  1. Konsumsi makanan yang bergiziKunci dari ASI yang lancar adalah konsumsi makanan yang sehat, seperti buah jeruk, pisang, apel, alpukat. Sedangkan untuk sayuran saya lebih sering konsumsi bayam, wortel, kentang dan labu. Karena rasa sayuran tersebut tidak terlalu aneh di mulut saya saat hamil. Ada baiknya juga Moms menghindari sayuran yang mengandung gas yang cukup tinggi seperti sayur kol. Kalau Moms doyan makan daging seperti daging sapi, kambing dan ikan, boleh juga ya Moms, karena itu bisa membuat ASI semakin berkualitas. Tapi harus diperhatikan kualitas dagingnya juga, terlebih lagi ikan atau makanan seafood, jangan terlalu sering karena kebanyakan seafood mengandung merkuri yang sangat buruk bagi janin.
  1. Menjaga kebersihanKebersihan juga bisa menjadi faktor penentu, jadi sejak Moms hamil harus sangat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Moms juga harus sering membersihkan payudara seperti bagian putingnya, Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan kain atas waslap yang dicelupkan dengan air hangat terus digosok lembut bagian putingnya.
  1. Dukungan suami dan orang terdekatNah ini juga Moms, jadi banyak dari para Moms yang saat sesudah lahiran ASI-nya melimpah, namun ketika beberapa bulan ASI-nya macet. Penyebab hal itu terjadi adalah stres dan suami yang kurang mendukung. Karena dukungan dari suami adalah booster ASI yang manjur, bila mood Moms buruk, ASI juga akan berkurang karena hormon Moms dipengaruhi oleh mood, jadi kalau moodnya kurang baik, ASI-nya juga akan seret.
Tiga solusi ASI lancar di atas bisa Moms praktikkan, tapi satu hal yang harus diingat juga adalah kualitas dan kuantitas ASI harus benar-benar seimbang ya Moms.
 Semoga bermanfaat.
By: Nurhakiki Ritonga
Copyright by Babyologist
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: