kumparan
8 Mei 2019 16:16

Tips Sukses Pumping di Kantor untuk para Working Mommy

Siapa nih disini yang menjadi working mommy? Walaupun harus bekerja MengASIhi harus tetap berjalan yah mom, untuk asupan si baby terpenuhi karena itu adalah hak si baby dan kewajiban mommy untuk menyusui.
ADVERTISEMENT

Kenapa sih harus menyusui?

Banyak loh manfaatnya untuk mom apalagi si baby,menyusui memiliki banyak efek bagi tubuh, otak dan jiwa manusia, sudah banyak penjelasan dan keuntungan dari menyusui baik untuk mom dan baby.
Dari kajian neuroscience, fungsi pengasuhan adalah memberi/mengisi makna (membentuk jaringan sinaps) antar sel otak (neuron) manusia. Sehingga jika proses menyusui berjalan dengan benar & diberikan sesuai dengan kebutuhan anak, maka proses-proses dalam menyusui tersebut akan membentuk gambaran yang positif dalam diri anak dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam ASI berfungsi untuk kecerdasan anak di banding susu lain, selain itu baik untuk mom mengurangi kalori berlebih karena kehamilan, dapat mencegah Kanker Payudara, dan masih banyak lagi manfaat untuk mom.
ADVERTISEMENT

Berikut adalah Tips sukses pumping di kantor:

1. Beritahu pimpinan di kantor tentang mom yang sedang menyusui jadi bisa leluasa izin ke nursery room tanpa tanda tanya dari teman teman mom di kantor.2. Cari ruangan nyaman untuk melakukan pumping kalo ini sekarang udah banyak ya yang mengenal nursery room, semoga dikantor mom sekalian sudah menyediakan dengan baik.3. Buat jadwal pumping : mom tentu yang lebih tau kapan waktu yang tepat untuk pumping. Berangkat kerja usahakan sudah mengosongkan payudara agar bs langsung bekerja dengan tenang dan nyaman.Saya beri contoh jadwal pumping saya :- 06.00 berangkat kerja (saya menyusui pukul 05.30)- 09.00 pumping- 12.00 pumping- 15.00 pumping- 17.00 sampai rumah langsung menyusui- 18.00 pumping- 19.00 menyusui sesuka bayi- 21.00 menyusui dan pumping sebelum tidur- 24.00 pumping- 02.00 menyusui- 03.00 pumping- 05.00 – 05.30 menyusui
ADVERTISEMENT
Catatan : jika bayi tidur saya tetap menggendong bayi dan menyodorkan payudara. Jika bayi merasa kenyang dan melepas payudara saya, saya lanjut pumping tanpa nunggu jam pumping seharusnya, ini biasanya terjadi saat malam hari.
Sedikit tips pemilihan Pumping, pilihlah alat pumping yang nyaman saat digunakan tidak membuat sakit apalagi lecet setelahnya, kemudian pilih pumping yang praktis , ringan dan mudah dibawa kemana saja, selain itu pilih juga pumping yang mudah dibersihkan jadi tidak akan tertinggal sisa ASI yang basi karena pencucian yang kurang bersih khawatir akan menyebabkan diare ke baby.
Itulah sedikit tips agar tetap lancar menyusui walaupun sambil Bekerja
Semoga bermanfaat.
By: Rika Handayani via Babyologist
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan