1000 Personel TNI-AL Ikut Latihan Operasi Pertahanan Pantai di Koarmada 3

Konten Media Partner
6 November 2020 19:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Panglima Koarmada 3 membuka secara resmi kegiatan latihan operasi pertahanan pantai, Jumat (6/11), foto : Yanti
zoom-in-whitePerbesar
Panglima Koarmada 3 membuka secara resmi kegiatan latihan operasi pertahanan pantai, Jumat (6/11), foto : Yanti
ADVERTISEMENT
Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Operasi Pertahanan Pantai secara besar-besaran, di sejumlah wilayah Kota Sorong.
ADVERTISEMENT
Latihan ini melibatkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), pesawat udara dan helikopter serta menggunakan persenjataan milik Pasmar 3. Dalam latihan yang akan dilaksanakan selama dua pekan, melibatkan sekitar 1000 personel dan telah dibuka secara resmi oleh Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto selaku Direktur Latihan, Jumat (6/11).
Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto menjelaskan, latihan tersebut merupakan salah satu implementasi kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.
Acara pembukaan latihan operasi pertahanan pantai dibuka secara resmi oleh Pangkoarmada 3, dengan menerapkan protokol kesehatan, foto : Yanti
"Selama latihan, para peserta senantiasa menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Operasi pertahanan pantai, merupakan salah satu operasi yang sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara," ungkap Pangkoarmada 3.
ADVERTISEMENT
Operasi ini, lanjut Pangkoarmada 3, adalah operasi tempur yang penyelenggaraannya dilaksanakan dalam bentuk operasi gabungan, pada suatu komando tugas gabungan pertahanan pantai yang diorganisir secara integratif dari semua satuan yang tergabung dalam suatu komando gabungan yang dibentuk.
“Daerah operasi pertahanan pantai, ditentukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan. Antara lain arah datangnya serangan amfibi musuh,” bebernya.
Menurut Pangkoarmada III, kegiatan latihan manuver lapangan Operasi Pertahanan Pantai kali ini merupakan kelanjutan dari latihan posko operasi pertahanan pantai, pada latihan Armada Jaya ke-38 yang lalu. Dimana latihan manuver lapangan operasi pertahanan pantai ini, baru pertama kali dilaksanakan di Koarmada III.
Panglima Koarmada 3 Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, foto : Yanti
“Latihan manuver lapangan latihan operasi pertahanan pantai, pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 di bidang pertahanan pantai. Kemudian dalam menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi pertahanan pantai," tandasnya.
ADVERTISEMENT