kumparan
18 Feb 2019 20:08 WIB

Buka Rapat Koordinasi TPID, ini Harapan Bupati Manokwari

Dalam rangka mewujudkan laju inflasi Kabupaten Manokwari yang terkendali Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Senin (18/2) di salah satu Hotel di Manokwari.
ADVERTISEMENT
Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Saat Memberi Sambutan Dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Senin (18/2) di salah satu Hotel di Manokwari. Foto: Eldo/BalleoNews-kumparan
Acara yang dihadiri sejumlah Kepala OPD di Kabupaten Manokwari ini di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan.
Dalam sambutannya Bupati Demas mengatakan sangat mendukung penuh diadakannya rapat Koordinasi TPID. Demas berharap dengan diadakannya Rapat Koordinasi TPID ini tim bisa merumuskan sebuah kebijakan yang dapat mengendalikan inflasi di Kabupaten Manokwari terutama pada beberapa komoditas yang sangat rentan memicu peningkatan laju inflasi.
Di Manokwari sendiri terdapat 10 komoditas tertinggi peyumbang inflasi daerah diantaranya adalah pada komoditas perikanan dan secara administratif pada tarif angkutan pesawat. Untuk hal ini Bupati Demas meminta untuk segera dibuat beberapa rekomendasi perioritas guna menurunkan inflasi yang bersifat struktural dan musiman.
Selain itu Menurut Demas rekomendasi perioritas ini juga bisa digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan kebijakan pengendalian inflasi di tahun 2019 ini.
ADVERTISEMENT
Menurut Demas, Pemerintah Kabupaten Manokwari sendiri di tahun 2018 lalu telah melakukan banyak hal dalam upaya menjaga stabilitas inflasi daerah diantaranya melalui kegiatan pengembangan sarana dan prasarana perikanan tangkap dan budidaya, kegiatan pengembangan bibit unggul pertanian dan perkebunan, pengembangan budidaya tanaman agibisnis, memonitoring perkembangan harga sembilan bahan pokok, melaksanakan pasar murah dan beberapa kegiatan pengembangan infrastruktur lainnya yang secara tidak langsung dapat mengurai peningkatan harga komoditas tertentu.
Meski Demikian Demas mengakui masih terdapat banyak hal yang perlu dibenahi dalam rangka menekan laju inflasi daerah, “pemerintah daerah mengalami sedikit hambatan terkait kebijakan-kebijakan struktural dalam upaya menekan inflasi daerah, karena dihadapkan keterbatasan kewenangan”, ungkap demas.
Oleh sebab itu Demas mengharapkan tim pengendali inflasi daerah perlu selalu meningkatkan kinerja tim dan selalu mengkoordinasikannya dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku ketua tim pengendali inflasi pusat melalui tim pengendali inflasi daera Provinsi.
ADVERTISEMENT
Menutup sambutannya Demas berharap koordinasi pengendalian inflasi bisa selalu dilakukan guna menekan dan menjaga stabilitas inflasi. “Semoga koordinasi pengendalian inflasi selalu dilakukan untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilitas inflasi di Kabupaten Manokwari”, tutup Demas.
Pewarta:Eldo Noya
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan