kumparan
15 Mei 2019 0:03 WIB

KPK Minta Dinas Kesehatan Manokwari Segera Lakukan Pendataan

Yulita Krey saat mengunjungi Ananias, Foto: Roli/balleo-kumparan
Komunitas Peduli Kemanusian (KPK) mengusulkan Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Papua Barat agar segera melakukan pendataan ke masyarakat. Pasalnya sejauh ini pihak dinas kesehatan tidak memiliki data lengkap terkait jumlah jiwa penghidap penyakit tertentu ditengah masyarakat.
ADVERTISEMENT
Desakan itu disampaikan humas KPK, Yulita Krey ketika dikonfirmasi Wartawan Rabu, (15/04). Yulita Krey menduga banyak masyarakat belum terdata dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
"Dinas Kesehatan Manokwari harus turun lapangan dan melakukan pendataan kepada semua masyarakat yang menderita penyakit serta keluhan yang dihadapi. Selain itu juga melakukan pengurusan kepada masyarakat yang belum memiliki BPJS," tegas Yulita Krey.
Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan bersama Wakil Bupati Edy Budoyo menjenguk Gabriel dan Ananias. Foto: Roli/balleo-kumparan
Gabriel dan Ananias menjadi tolak ukur kelalian yang dilakukan oleh pihak dinas kesehatan dalam melakukan pemantauan di lapangan.
"Contoh kelalian dinas kesehatan tidak pernah mendeteksi jumlah penderita penyakit yang ada ditengah masyaraat ketika kasus Gabriel dan Ananias menguak ke publik. Sebenarnya dinas kesehatan sudah mengantongi jumlah jiwa yang mederita penyakit keritis,"ujar Yulita.
ADVERTISEMENT
Selain memberikan keritik kepada dinas kesehatan, Yulita juga menghimbau kepada masyarakat Manokwari untuk turut membantu semua masyarakat kecil yang mengalami kendala biaya kesehatan dan kesulitan lainnya.
"Kejadian sakit adik gabriel dan Ananias adalah tangungjawab kita bersama masyarakat Manokwari. Kita bisa menolong sesama, dan memberi dari kekuranga. Bukan hanya Gabriel dan Ananias masih banyak yang membutukan uluran tangan dari masyarakat," ungkapnya
Sejauh ini KPK sudah melaporkan kesiapan secara medis, untuk pengobatan Ananias dan Gabriel, baik itu berupa sumbangan dari donatur yang sudah memberikan sumbangan kepada keduanya untuk menjalani proses pengobatan lanjutan.
" KPK juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, Wakil Bupati Manokwari Edy Budoyo yang sudah datang menjenguk Gabriel dan Ananias di rumah sakit, dan sudah memberikan sumbangan,"kata Yulita.
ADVERTISEMENT
Pewarta: Roli Kasamilale
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan