kumparan
28 Agu 2019 20:07 WIB

Pasar Thumbruni Fakfak akan Dibangun Empat Lantai

Kepala Dinas PUPR2KP Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan.S.Sos, M.AP. Foto: Ifan/Balleo News
Pasca dibakarnya Pasar Plaza Thumburuni di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat oleh aksi massa beberapa waktu lalu, menyebapkan para pedagang mengalami kesulitan saat berdagang. Selain itu juga pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut mengalami gangguan.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemda) Fakfak berencana membangun pasar kembali dengan menggunakan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Fakfak.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR2KP) Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos mengatakan, Pemda akan membangun Pasar Plaza Thumburuni berlantai empat, yang mana lantai satu akan dijadikan tempat parkir kenderaan, sedangkan lantau dua, tiga dan empat menjadi pusat perdagangan.
“Jadi master plannya akan kita ambil semua lokasi dari terminal atas sampai ke terminal bawa. Kita akan gusur semua itu, dan kemudian akan direncanakan pembangunannya empat lantai," jelasnya (28/8).
Katanya lagi, pembangunan pasar tersebut, akan menggunakan anggaran yang sangat besar dan membutuhkan proses pembangunan yang lama. "Sudah tentu sumber anggarannya tidak saja terkuras dari APBD Kabupaten Fakfak, tetapi kami berharap juga APBD Provinsi maupun APBN," harapnya.
ADVERTISEMENT
Pihaknya juga sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga pemerintah pusat, sehingga anggaran yang begitu besar, tidak terkuras pada APBD.
Pewarta: Ifan
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan