News
·
26 Februari 2021 16:33

Prajurit TNI-AL Mengajar di Kampung Terpencil di Papua Barat

Konten ini diproduksi oleh Balleo News
Prajurit TNI-AL Mengajar di Kampung Terpencil di Papua Barat (341931)
Tampak anak-anak di salah satu kampung di Provinsi Papua Barat senang belajar dialam terbuka, bersama prajurit TNI-AL, foto : Istimewa
Untuk membantu menghilangkan rasa jenuh anak-anak selama proses belajar di rumah, Dispotmar Koarmada III mendatangi pedesaan atau kampung-kampung yang ada di wilayah Papua Barat dengan mobil perpustakaan keliling setiap minggu, guna membantu anak-anak belajar di alam terbuka.
ADVERTISEMENT
"Prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Komando Armada (Koarmada) III, melaksanakan program mengajar membaca, menulis dan menghitung dari kampung ke kampung di wilayah Papua Barat. Program tersebut merupakan salah satu wujud nyata kebersamaan TNI dengan rakyat, dalam rangka meningkatkan kecerdasan anak bangsa," ungkap Kepala Dinas Potensi Martim Koarmada III Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto.
Prajurit TNI-AL Mengajar di Kampung Terpencil di Papua Barat (341932)
Prajurit TNI-AL tingkatkan minat membaca pada remaja di salah satu kampung di Papua Barat, foto : Istimewa
Menurut Eko, saat ini perpustakaan keliling Koarmada III berada di Panti Asuhan “Kasih Agape” Desa Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Dimana para prajurit mengajar untuk mengobati kerinduan anak-anak terhadap bangku sekolah, yang sudah lama ditinggalkan selama pandemi COVID-19.
"Anak-anak terlihat senang, bersemangat, dan terbantu dengan berbagai jenis buku bacaan yang tersedia. Dispotmar Koarmada III senantiasa mempersiapkan mobil perpustakaan keliling yang berisi ratusan koleksi buku, bantuan Dispenal dan berbagai pihak untuk dibawa keliling desa di wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat," bebernya.
Prajurit TNI-AL Mengajar di Kampung Terpencil di Papua Barat (341933)
Mobil perpustakaan keliling milik Koarmada III, keliling di beberapa kampung di Papua Barat dengan membawa berbagai macam koleksi buku, foto : Istimewa
Perpustakaan keliling Koarmada III, sambungnya, ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat yang berada di daerah pedesaan, baik orang tua maupun usia sekolah. Pada perpustakaan keliling, terdapat banyak koleksi buku yang bermacam-macam. Seperti buku pelajaran, buku teks pelengkap, buku penunjang, buku referensi, kuliner serta buku panduan Tes Potensi Akademik (TPA) dan panduan seleksi masuk SMA, SMK dan MA.
ADVERTISEMENT
"Kegiatan ini diselenggarakan untuk membantu belajar sekaligus menghilangkan kejenuhan para siswa, selama mengikuti proses belajar di rumah yang ditetapkan pemerintah, sebagai dampak maraknya penyebaran virus COVID-19. Setelah sampai di lokasi pedesaan, perpustakaan keliling Dispotmar Koarmada III kemudian dibuka dan memberikan layanan baca di tempat dan peminjaman," pungkasnya.