kumparan
19 Feb 2019 22:30 WIB

Sektor Perikanan Penyumbang Inflasi Tertinggi di Manokwari

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Papua Barat, Donny H. Heatubun. Foto: Eldo/BalleoNews-kumparan
Memiliki letak geografis yang hampir sebagian besarnya dikelilingi lautan ternyata tidak serta merta membuat Kabupaten Manokwari menjadi daerah swasembada di bidang perikanan. Hal ini terbukti sektor perikanan di Kabupaten Manokwari menjadi penyumbang inflasi terbesar, terhitung sejak triwulan III tahun 2018 hingga Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Terkait hal ini Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Papua Barat, Donny H. Heatubun mengatakan bahwa pihak BI bersama Pemerintah Daerah dalam hal ini Tim Pengendali Daerah (TPID) Kabupaten Manokwari akan fokus untuk mendeteksi sedini mungkin terhadap komoditas penyumbang inflasi termasuk salah satunya adalah komoditas perikanan.
“Kita akan melihat juga dari sisi distribusinya , jangan sampai pasokannya tersedia tapi tidak bisa didistribusikan ke masyarakat, ya otomatis ada kelangkaan dan ini bisa menyebabkan harga menjadi mahal”, ujar Donny saat diwawancarai, selasa (19/2).
Selain itu menurut Donny, BI dan Tim TPID juga akan segera melakukan (inspeksi mendadak) sidak jika ada kenaikan harga komoditas yang dianggap tidak wajar.
“Kalo pasokan jelas, distribusi jelas mustinya harga kan tidak ada yang terlalu melonjak tinggi, kalaupun ada harga yang melonjak tinggi, nah saatnyalah kita kerja sama dengan pemerintah daerah melakukan intervensi dengan melakukan sidak untuk memastikan ketersediaan dan pasokan, kalau ternyata pasokan lancar dan ketersediaannya melimpah tapi harga masih mahal, ya kita lakukan operasi pasar lah”, tegas Donny
ADVERTISEMENT
Donny juga menghimbau agar masyarakat bijak dalam berbelanja sehingga tidak menjadi sisi yang menyebabkan kenaikan harga, “Kita jangan menjadi sisi yang memicu kenaikan harga. Karena memiliki uang banya sehingga berapapun harga yang ditawarkan kita ambil semua otomatis ini akan memicu inflasi juga,” ujarnya Donny.
Dari data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui di bulan Januari 2019 kemarin sektor perikanan Kabupaten Manokwari khususnya ikan cakalang menyumbang inflasi hingga 34,05% year of year (yoy)
Sementara itu sebelumnya dalam sambutan saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Senin (18/2) bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Manokwari di tahun 2018 lalu telah melakukan banyak hal dalam upaya menekan dan menjaga stabilitas inflasi daerah salahsatunya adalah melalui kegiatan pengembangan sarana dan prasarana perikanan tangkap dan perikanan budidaya.
ADVERTISEMENT
Pewarta: Eldo Noya
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan