Pencarian populer

Terlibat Politik Praktis, Seorang ASN Kabupaten Maybrat Disidangkan

Sidang pelanggaran pemilu di Kabupaten Maybrat diisidangkan di Pengadilan Negeri Sorong, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat dengan terdakwa, pejabat sementara Kepala Bappeda Kabupaten Maybrat, Theopilus Yaam. Terdakwa diduga mengajak masyarakat untuk memilih partai tertentu, saat pertemuan keluarga di Kampung Susumuk, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat ( 05/01) lalu.

Pjs Bappeda Kabupaten Maybrat Sedang Menjalani Sidang, Foto:J.Ambon/BalleoNews-kumparan

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum, Arthur Fritz Gerald dan Stevy Ayorba dijelaskan bahwa terdakwa Theopilus Yasm, (33) yang juga adalah pejabat sementara Kepala Bappeda Kabupaten Maybrat diduga mengajak masyarakat untuk memilih partai tertentu dalam pemilu April mendatang.

jaksa penuntut umum juga menghadirkan empat orang saksi, dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maybrat, masing-masing, Topan Baho, Domingus Saa, Yakobus Sori dan Jonatan Fatem.

Suasana Sidang dengan Terdakwa Pjs Bappedaa Maybrat, Foto: J.Ambon: BalleoNews/kumparan

Dalam keterangannya, Ketua Bawaslu Maybrat, Topan Baho menjelaskan, pada tanggal (06/01) ada kegiatan deklarasi partai keadilan sejahtera, dimana salah satu calon legislatif, bernama Seby mensosilisasikan dirinya. Terdakwa kemudian datang menggunakan mobil Dinas Bappeda Kabupaten Maybrat. Terdakwa diminta menyampaikan arahan. Dalam arahan tersebut, diduga terdakwa mengajak masyarakat setempat untuk memilih Seby, sebagai anggota DPRD Kabupaten Maybrat dalam pemilu nanti.

Terdakwa mengaku sebagai pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Maybrat. Terdakwa bahkan menargetkan perolehan kursi PKS untuk Aifat Selatan 2 kursi, Aifat Timur 2 kursi dan Aifat Raya 2 kursi dan 2 kursi di Distrik Aifat. Terdakwa juga menegaskan, anggaran proyek sebesar 20 miliar rupiah, telah dikuasai PKS.

Barang bukti berupa mobil yang turut dibawah,Foto: J.Ambon: BalleoNews-kumparan

Bawaslu Kabupaten Maybrat, kemudian melaporkan terdakwa ke polisi setempat yang kemudian menahan terdakwa bersama barang bukti sebuah mobil dinas aparatur sipil negara dengan nomor polisi PB 5013 VA.

Saat ditanya ketua majelis hakim, tujuan terdakwa Theopilus memberikan arahan terdakwa menjawab, supaya saudara-saudaranya bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat. Terdakwa mengakui dirinya dihubungi salah satu caleg bernama Seby untuk datang menghadiri deklarasi caleg. Terdakwa mengaku menyesal dengan apa yang telah diperbuatnya.

Sidang yang dipimpin majelis hakim yang diketuai, Gracelyn Mnuhuttu ini, kemudian ditunda, dan akan dilanjutkan kamis ini, dengan agenda pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum.

Pewarta: J.Ambon

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: