Pencarian populer

Cara Membedakan 3 Kategori Pemilih: DPT, DPTb dan DPK

Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq menunjukkan surat suara Pemilu 2019. (Ananda Gabriel)

BANDUNG, bandungkiwari – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terdiri dari tiga kategori, yaitu pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq menjelaskan, ada tiga kategori pemilih dalam Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang. Kategori tersebut yaitu DPT, DPTb dan DPK. Masing-masing pemilih memiliki persyaratan berbeda saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 mendatang.

Endun menjelaskan, untuk pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT wajib membawa KTP elektronik dan formulir C6 (surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih) saat mendatangi TPS.

Sedangkan untuk kategori DPTb, warga yang datang diharuskan membawa formulir A5 beserta KTP elektroniknya. Formulir A5 adalah surat pemberitahuan pemilih tambahan atau pemilih pindah TPS.

“Kalau untuk kategori DPK, warga yang tidak terdaftar di DPT atau DPTb, boleh memilih dengan catatan punya KTP elektronik dan surat keterangan dari dukcapil,” jelas Endun di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4).

Masing-masing kategori pemilih terutama untuk DPT dan DPTb itu bisa mendapat pelayanan di TPS sejak pukul 07.00 WIB-13.00 WIB. Sementara yang masuk dalam DPK dapat dilayani pada pukul 12.00 WIB-13.00 WIB.

“Untuk pemilih DPT dan DPTb akan memproleh lima lembar surat suara dan dilayani pukul 7 pagi sampai pukul 13.00. Sedangkan DPK dilayani di TPS pukul 12.00-13.00,” jelasnya.

Relokasi TPS

Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat mulai dari pengamanan distribusi perlengkapan pemilu dari tingkat kota ke tingkat kecamatan.

Namun jika terjadi hambatan menjelang atau saat pelaksanaan, ia mengatakan, sesuai dengan aturan akan memindahkan lokasi TPS ke tempat yang lebih aman. Termasuk mengantisipasi wilayah yang rentan terjadi banjir.

"Kalau keadaan tidak memungkinkan pasti kami pindahkan ke tempat yang lebih aman. Sepanjang itu di lingkungan TPS tersebut," katanya. (Ananda Gabriel)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: