kumparan
KONTEN PUBLISHER
4 Maret 2019 18:32

Dokter RSHS: Pasca Operasi Pengecilan Lambung, Kondisi Sunarti Baik

IMG_7534.JPG
Direktur Umum Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dr. R. Nina Susana Dewi bersama tim dokter penanganan pasien obesitas. (Iman Herdiana)
BANDUNG, bandungkiwari – Dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menangani pasien obesitas Sunarti (40), Ervita Ritonga, mengatakan, sejak awal dirawat hingga pasca operasi kondisi Sunarti baik.
ADVERTISEMENT
Sunarti menjalani operasi pada 18 Februari. Operasinya berupa bedah lambung atau bariatrik surgery, yakni pengecilan ukuran lambung. Pasca operasi, Sunarti mulanya dirawat di ICU. Namun, setelah tiga hari berselang, Sunarti dipindahkan ke ruang perawatan.
"Selama perawatan di ruang rawat biasa sampai dengan pulang sebetulnya progesivitasnya ada," kata Ervita di RSHS, Bandung, Senin (4/3).
“Terlihat dari rasa nyerinya berkurang, makan juga sesuai target yang kita tetapkan lalu juga dari mobilisasi pasien sudah bisa miring kanan kiri walaupun dengan bantuan tapi sudah bisa duduk pada dua hari terakhir pasien sebelum dipulangkan,” bebernya.
Pasien kemudian diperbolehkan pulang untuk melakukan rawat jalan. Pertimbangannya, kata dia, kondisi pasien sudah baik, stabil, keluarga juga dirasa sudah cukup mengerti tentang apa yang harus dilakukan di rumah.
ADVERTISEMENT
“Jadi pasien kami pulangkan Jumat 1 Maret kemarin," ucapnya.
Sebelum Sunarti pulang, Ervita mengaku sempat berbincang dengan Sunarti dan keluarga. Menurut Ervita, pasien tidak mengeluhkan rasa sakit apapun. Keluarga Sunarti juga memahami apa saja yang harus dilakukan selama Sunarti berobat jalan di rumah.
Ervita lalu menginformasikan terkait hal-hal penting yang mesti dilakukan seperti asupan makanan yang harus diberikan, membantu gerak pasien dan antisipasi bila mengalami keluhan seperti sesak nafas dan nyeri dada.
Namun sehari setelah pulang Sunarti dikabarkan meninggal. Dokter sudah menanyakan kepada suami perihal kondisi Sunarti sebelum tutup usia.
ADVERTISEMENT
"Saya tanyakan apa yang terjadi, ada keluhan sejak keluar rumah sakit atau tidak, sampai tengah malam terjadinya sesak napas. Menurut suaminya tidak ada keluhan apa-apa," turutnya. (Ananda Gabriel)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan