Pencarian populer

Embun Beku Menyelimuti Lahan Pertanian di Kertasari, Bandung

Embun yang menjadi es di lahan pertanian Kertasari, Kabupaten Bandung. (Ananda Gabriel)
BANDUNG, bandungkiwari - Udara dingin dirasakan warga Bandung dan sekitarnya. Bahkan di lahan pertanian Kertasari, Kabupaten Bandung, muncul fenomena embun es.
ADVERTISEMENT
Embun yang membeku itu terpantau di jalan raya sekitar Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kamis pagi (18/7). Embun es ini juga tampak menyelimuti rumput-rumput di wilayah tersebut.
Saat dicek melalui aplikasi pengukur suhu udara di Google, suhu di Kertasari mencapai 9 derajat celcius pada pukul 05.00 WIB.
Embun es yang melapisi tanaman dan pekarangan rumah warga, menampilkan pemandangan yang indah.
Igin (64 tahun), warga setempat, mengatakan suhu dingin dirasakan sejak sepekan lalu.
“Kalau sekarang (suhu tadi malam) sampai 0 derajat celsius, dilihat dari termometer di pabrik," kata pria yang bekerja di kebun teh ini, Kamis (18/7).
Igin merasakan, suhu paling dingin terjadi pada Selasa (16/7) pagi. Dia bahkan melihat butiran es bertebaran di lahan pertanian.
ADVERTISEMENT
"Hari ini lebih mendingan dinginnya dibanding kemarin, Rabu (17/7). Kalau embun beku memang sudah ada," ujarnya.
Peneliti Cuaca dan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat, Muhamad Iid Mujtahiddin, mengatakan suhu terdingin di puncak kemarau periode bulan Juli 2019 mencapai 16,4 derajat celsius.
"Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama bulan Juli 2019 ini, suhu udara terendah sebesar 16,4 derajat celsius pada tanggal 12 Juli 2019," kata Iid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7).
Sedangkan di lokasi pos observasi geofisika Lembang yang berada di ketinggian 1.241 meter, tercatat 13,0 derajat celsius pada Selasa, (16/7).
"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," kata Iid.
ADVERTISEMENT
Untuk Jawa Barat, kata dia, periode musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar pantura, kemudian bergerak ke arah selatan.
(Ananda Gabriel)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86