Pencarian populer

Go Coop, Mengenal Koperasi Melalui Aplikasi Game

Salah satu bagian dari aplikasi Go Coop (Istimewa)

BANDUNG, bandungkiwari - Banyak cara untuk mengenalkan koperasi kepada anak-anak. Agar mudah dan menarik perhatian anak, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUKM) Kota Bandung memilih cara mengenalkan koperasi melalui sebuah aplikasi game (permainan). Meski belum secara resmi diluncurkan, game dengan nama Go Coop ini sudah dapat diunduh di Play Store.

"Ini adalah game bagaimana kita mengenalkan koperasi kepada anak-anak SD dan SMP. Biar anak-anak SD dan SMP itu mengenal koperasi, tidak lagi menganggap bahwa koperasi itu kuno," tutur Kepala Seksi Organisasi Tata Laksana Perlindungan dan Penyuluhan Koperasi Dinas KUKM Kota Bandung, Kamis (4/7).

Dalam permainan ini, pemain berperan sebagai cucu dari seorang mantan anggota koperasi. Pemain pun harus menyelesaikan misi agar dapat membangun kembali koperasi di desa tersebut. Pemain akan mendapatkan beberapa petunjuk untuk menemukan lokasi misi. Ketika sudah sampai di lokasi, pemain harus mencari peti yang berisikan petunjuk.

Menariknya, petunjuk-petunjuk dalam peti tersebut merupakan informasi yang berkaitan dengan koperasi. Hal ini lah yang dapat memberikan edukasi mengenai koperasi kepada anak.

Setelah mengumpulkan petunjuk yang ada, seorang peri akan memberikan pertanyaan berdasarkan petunjuk-petunjuk tersebut. Hal ini dapat semakin mengasah pemahaman anak mengenai koperasi. Permainan pun semakin seru, karena ketika pemain salah memberikan jawaban, ia harus melawan monster.

Misi pun akan berlanjut dari satu desa ke desa yang lain dengan konsep yang sama. Ketika misi selesai dan pemain sudah mengumpulkan semua informasi mengenai koperasi, pemain akan kembali bertemu dengan sang kakek.

Di akhir permainan, sang kakek akan menguji kembali pemahaman pemain dengan mengajukan pertanyaan mengenai koperasi. Jika sang pemain berhasil, maka koperasi di desa tersebut akan didirikan kembali dan ia berhak menjadi ketuanya.

Selain merancang aplikasi untuk anak ini, Dinas KUKM juga meluncurkan aplikasi digital untuk para pegiat koperasi. Aplikasi dengan nama Nectico tersebut akan memudahkan koneksi antara pemerintah dan koperasi. Sehingga, pemerintah dapat mengontrol setiap koperasi di Kota Bandung secara real time. Selain itu, anggota koperasi juga bisa mengecek simpanan, hutang, ataupun keuntungan di koperasi.

Menurut Kepala Seksi Organisasi Tata Laksana Perlindungan dan Penyuluhan Koperasi Dinas KUKM Bandung, Erna Abdilah, ini upaya untuk mewujudkan koperasi di Kota Bandung yang berbasis digital. “Beberapa anggota koperasi sudah menggunakan platform digital untuk menjual produk-produknya. Tak hanya itu, koperasi yang sudah profesional pada umumnya bermitra dengan penyedia layanan aplikasi,” katanya. (Assyifa)

.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.64