Pencarian populer

Hal-hal yang Memengaruhi Nilai UTBK SBMPTN 2019

Ilustrasi ujian. (Iman Herdiana)

BANDUNG, bandungkiwari – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 menyisakan waktu dua pekan lagi. Bagi yang belum kebagian jadwal ujian, sebaiknya segera melakukan persiapan dan menyiapkan persyaratan.

Sekretaris Pusat UTBK ITB Asep Gana mengatakan, penting bagi peserta untuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK. Sebab menurut catatan panitia, tidak sedikit peserta yang kurang persiapan saat hendak mengikuti UTBK yang merupakan syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Asep mengungkapkan beberapa masalah yang dialami peserta yang dihimpun sejak dibukanya UTBK 13 April 2019 lalu. Antara lain, peserta kurang memerhatikan ketentuan yang sudah tertulis di kartu ujian/peserta.

“Syarat yang paling gampang kartu peserta ujian harus dibawa, jangan cuma foto di HP, tapi harus dicetak,” kata Asep Gana, saat dihubungi Bandungkiwari, Selasa (7/5).

Mengenai kartu ujian ini, panitia juga menemukan foto peserta berbeda dengan aslinya. Sehingga panitia mencurigai peserta tersebut. Ada juga nama pesertanya laki-laki, tetapi foto pesertanya perempuan.

“Jumlahnya satu dia, itu jadi catatan kita untuk dicurigai,” kata Asep Gana.

Ia mengatakan, dalam kartu ujian tersebut terdapat ketentuan/aturan yang harus dibaca, meliputi peserta tidak boleh membawa peralatan apa pun ke ruang kelas/ujian, membawa bukti kelulusan bagi peserta yang sudah lulus berupa foto kopi ijazah yang sudah terlegalisir.

Bagi yang belum lulus sekolah, kata Asep, peserta membawa keterangan masih sekolah yang juga terlegalisir. Cap legalisir dilakukan pada foto peserta. “Itu banyak yang gak tahu,” katanya.

Tidak sedikit pula peserta yang datang mendadak ke lokasi ujian. Padahal panitia sebelumnya sudah mewanti-wanti untuk melakukan survei ke lokasi minimal pada H-1 ujian.

“Mereka datang tidak survei. Terutama untuk di kampus-kampus yang sulit cari gedung.

Bisa salah ruang. Padahal tinggal baca saja sebenarnya (aturannya),” katanya.

Bahkan panitia menemui kejadian lucu, ada peserta yang mengikuti ujian gelombang 1 di ITB tapi bawa kartu ujian gelombang 2 UI. “Jadi gimana itu ga baca petunjuknya. Mereka harus diingatkan karena tak mengikuti persyaratan tak akan diperiksa nilainya. Ada data berita acara di panitia,” tandasnya.

Ia menegaskan, persyaratan harus diikuti peserta karena berpengaruh pada penilaian. Sebelumnya panitia sudah mengingatkan bahwa persyaratan penting diperhatikan. “Catatan panitia ada kemungkinan tidak dapat nilai (bagi yang tidak mengikuti persyaratan),” katanya.

UTBK dan SBMPTN digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK gelombang pertama digelar tiap Sabtu-Minggu mulai 13 April - 26 Mei 2019. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35