Pencarian populer

Jemaah Thoriqoh Qadariyah Bandung Barat Mulai Puasa Ramadhan Kemarin

Salat tarawih jemaah Thoriqoh Qadariyah di Kabupaten Bandung Barat. (Istimewa)

BANDUNG, bandungkiwari – Jemaah Thoriqoh Qadariyah di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, hari ini melaksanakan puasa Ramadhan hari kedua. Mereka menetapkan puasa Ramadhan 1439 Hijriah telah dimulai sejak Selasa (15/5), sehingga salat tarawih dimulai Senin (14/5) malam.

Juru bicara Thoriqoh Qadariyah, Wahyu Robhana, menuturkan tahun ini memang penetapan awal Ramadhan dalam tarekatnya jauh berbeda dengan yang ditetapkan pemerintah. Pemerintah melalui keputusan sidang isbat menetapkan bahwa Ramadhan dimulai Kamis (17/5).

Menurut Wahyu, tarekatnya menetapkan awal Ramadhan dengan metode hisab atau ilmu falak. “Ilmu ini adalah ilmu tentang perhitungan penanggalan. Ilmu astronomi berdasarkan syariat Islam,” kata Wahyu.

“Itu enggak jadi masalah karena kita punya keyakinan sendiri,” sambungnya.

Meski beribadah puasa lebih dulu, namun sebelumnya, kata Wahyu, pihaknya beberapa kali menetapkan 1 syawal dan Idulfitri sama dengan yang ditetapkan pemerintah.

“Kadang lebih dulu puasanya, tapi Idulfitri-nya sama. Rata-rata kita bedanya satu hari. Cuma sekarang kalau pemerintah menetapkan Kamis, gesernya agak jauh, dua hari. Saya juga enggak ngerti kenapa bisa sejauh ini,” ujar Wahyu.

Meski ada perbedaan penetapan dimulainya Ramadhan, ia berharap tidak akan menjadi permasalahan. Mengingat mereka tetaplah umat muslim yang sama-sama melaksanakan ibadah puasa.

“Perbedaan ini jangan jadi dipermasalahkan. Di sini ada warga yang tidak ikut tapi kita tak permasalahkan. Kita gunakan Masjid yang sama, juga tarawihnya. Ini masalah keyakinan kami dari penganut Thoriqoh Qadariyah,” ungkap Wahyu. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23