kumparan
15 Apr 2019 17:59 WIB

Jumlah Pemilih Bertambah, KPU Jabar Siapkan TPS Tambahan

Pemungutan suara di TPS, Bandung. (Foto Ilustrasi: Iman Herdiana)
BANDUNG, bandungkiwari - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih, menjelaskan jumlah TPS bertambah dengan adanya Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).
ADVERTISEMENT
TPS tambahan itu tersebar di 8 kota/kabupaten. “Jumlah TPS bertambah akibat Daftar Pemilih Khusus (DPK) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bogor sebanyak 23 TPS, di Kab Purwakarta 1 TPS dan di Kabupaten Bekasi 3 TPS,” ujar Nina, di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4).
Sedangkan TPS yang DPTb di Kabupaten Bogor 25 TPS, Kabuapaten Cirebon 4 TPS, Kabupaten Indarmayu 6 TPS, Kota Sukabumi 1 TPS, Kota Bandung 4 TPS dan Kota Depok 16 TPS.
Adanya 83 TPS tambahan tak lepas dari terjadinya penambahan pemilih. “Semula pemilih itu DPK menjadi DPT sehingga hal ini berpengaruh terhadap penambahan TPS,” terangnya.
Kemudian, lanjut Nina, ada juga pemilih yang berbasis DPTB di lembaga pemasyarakatan. Sebab, pemilih tambahan yang di lapas tidak bisa ditambahkan ke TPS yang ada di luar, sehingga dibuatkan TPS yang berbasis DPTb di lapas.
ADVERTISEMENT
Nina menyebutkan, jumlah pemilih yang bertambah di 83 TPS terbut sebanyak 6.060 pemilih. Data tambahan ini sudah disampaikan ke KPU RI yang akan mempersiapkan semua kebutuhan terkait pemilihan.
“Saya berharap hari ini semua keperluan untuk 83 TPS terpenuhi. Mulai dari template, kotak suara, bilik suara, surat suara dan sebagainya,” katanya.
Hingga kini jumlah TPS yang tersebar di Jawa Barat mencapai total 138.123. Jumlah tersebut bertambah dengan adanya DPTb. Adapun total jumlah DPT di Jawa Barat mencapai 33. 276.905.
"Jadi ada penambahan sebelumnya 138.050 TPS, kemudian ditambah 83 TPS akibat dari DPTb," ujarnya. (Ananda Gabriel)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan