Pencarian populer
Kabupaten Bandung Diguncang Gempa 4.1 M, Dirasakan Warga Bojongsoang
Sumber gempa bumi di Kabupaten Bandung. (BMKG)
BANDUNG, bandungkiwari – Gempa bumi berkekuatan Magnitude 4.1 mengguncang Kabupaten Bandung. Gempa dirasakan masyarakat Bojongsoang dan Banjaran, Kabupaten Bandung.
“Info Gempa Mag:4.1, 11-Feb-19 13:08:50 WIB,” kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Tony Agus Wijaya, melalui pesan singkatnya, Senin (11/2).
Ia mengatakan, lokasi gempa bumi berada di 7.27 lintang selatan, 107.71 bujur timur atau 17 kilometer tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sumber gempa ada di kedalaman 10 kilometer.
“Sumber gempa bumi di darat,” lanjut Tony.
Gempa bumi tersebut dirasakan masyarakat Bojongsoang dan Banjaran dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Dalam situs BMKG, Skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala MMI terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.
Skala ini terdiri dari I MMI yakni getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang, II MMI getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Makin besar skalanya makin besar dampak gempa. Misalnya, XI MMI yakni bangunan-bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali.
Skala XII MMI hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: