kumparan
15 Apr 2019 15:19 WIB

Kotak Suara Pemilu yang Rusak Terendam Banjir di Bogor Akan Diganti

Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Nina Yuningsih. (Dok KPU Jabar)
BANDUNG, bandungkiwari – Ratusan kotak surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Bogor rusak akibat terendam banjir karena hujan deras yang terjadi pada Minggu (14/4).
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi masalah tersebut, Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan pihaknya akan mengganti kotak surat yang ruasak.
Banjir yang melanda wilayah di Kabupaten Bogor memiliki ketinggian sekitar 10 centimeter dan mengakibatkan sebagian kotak suara yang terbuat dari kardus mengalami kerusakan.
“Jadi benar pada saat petugas kami melakukan packing, kotak surat suara itu masih dalam gudang. Tiba-tiba ada angin puting beliung dan kemudian terjadi bah yang bercampur lumpur sehingga masuk ke dalam gudang,” kata Nina saat ditemui di Kantor KPU Jabar, Senin (15/4).
Petugas segera memngamankan dan memeriksa 682 kotak surat suara yang terendam banjir. “Sejauh ini ada sekitar 300 kotak yang rusak, sedangkan yang lain kondisinya masih laik kita bersihkan dan keringkan,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasi kotak surat suara yang rusak, Nina menuturkan pihaknya mengganti dengan mendatangkan barang tersebut dari KPU Kota/Kabupaten terdekat.
“Kami mencoba mengatasi dari kotak suara yang tersedia meminjam ke kota/kabupaten lain yang kelebihan stok kotak suaranya,” jelasnya.
Nina menegaskan, peristiwa banjir tidak mengganggu logistik lainnya. Menurut Nina, surat suara tetap aman. Hal itu disebabkan karena surat suara sudah berada dalam plastik.
“Sebenarnya kotak suara itu akan dilindungi plastik namun karena masih packing, belum semua dimasukkan ke dalam plastik. Posisi surat suara sendiri sudah diplastik,” terangnya. (Ananda Gabriel)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan