kumparan
KONTEN PUBLISHER
29 April 2019 12:07

Setelah Ikut UTBK Siap-siap Daftar SBMPTN 2019

DSC04871.JPG
Kampus ITB, Bandung, salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menjadi tujuan calon mahasiswa baru. (Iman Herdiana)
BANDUNG, bandungkiwari – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 gelombang pertama mendekati penutupan. Peserta yang sudah mengikuti UTBK tinggal siap-siap mengikuti pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.
ADVERTISEMENT
Koordinator Pengembangan Sistem dan Implementasi UTBK Arry Bainus mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada peserta atau calon mahasiswa mengenai ketentuan dari UTBK ini. Bahwa UTBK untuk memenuhi syarat mendaftar SBMPTN yang dibuka 10-24 Juni 2019.
UTBK gelombang pertama digelar sejak 13 April 2019, dan akan berakhir 4 dan 5 Mei 2019. Menurut Arry, nilai UTBK akan keluar atau diterima peserta minima 10 hari setelah ujian.
Peserta akan menerima nilai ujian secara sistem (online) maupun dalam bentuk sertifikat yang memuat nilai ujian. Dengan sertifikat ini, peserta bisa mendaftar mengikuti SBMPTN 2019.
“Dari situ mereka akan mendaftarkan ke SBMPTN nanti dibuka by online,” kata Arry Baiuns, di Bandung, baru-baru ini.
Ia menegaskan, sertifikat nilai UTBK tidak bisa dipalsukan. Sebab dalam sertifikat tercantum nama peserta, kode, hasil ujian dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Dalam proses UTBK, peserta murni mengikuti ujian tanpa memilih program studi (prodi) atau universitas tujuan. Baru ketika mendaftar SBMPTN, peserta mulai mengisi prodi dan universitas pilihan. “Di situ tinggal daftar memilih 2 prodi langsung di SBMPTN,” katanya.
UTBK dan SBMPTN digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK gelombang dua dijadwalkan 11 Mei - 26 Mei 2019. (Iman Herdiana)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan