Pencarian populer

Pesantren Tebuireng Bantah Klaim PKS soal Gus Sholah Dukung Cagub Jabar

Foto Gus Sholah dan Abdul Hadi Wijaya di sela-sela acara Temu Keluarga dan Halal Bi Halalal keluarga besar KHM Hasyim Asy'ari. foto: istimewa

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Foto Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jatim Ir KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) bersama Sekretaris Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya belakangan viral di media sosial. Dalam foto tersebut seolah-olah Gus Sholah mendukung kebijakan politik PKS baik dalam pemilihan gubernur-wakil gubernur Jawa Barat maupun proses pemilihan presiden pada 2019.

Dengan mengunggah foto tersebut akun bernama Dewa Asghar Alqossam secara provokatif juga menyebut bahwa garis perjuangan PKS sama dengan NU. Di bawah status tersebut tertulis JabarAsyikinAja. 2019GANTIPRESIDEN.

Bahkan foto Gus Sholah-Abdul Hadi Wijaya itu kemudian dijadikan latar belakang cagub-cawagub Jawa Barat Ajat-Syaikhu dengan tagline: Bersama Mendukung Asyik (Ajat-Saikhu).

Menanggapi klaim pengurus PKS tersebut, Pengurus Pesantren Tebuireng langsung membantah (baca juga berita bantahan Gus Sholah di bangsaonline.com). Lewat keterangan tertulisnya kepada bangsaonline.com, Ahad (24/6/2018) Sekretaris Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, Ir H Abdul Ghofar menyampaikan beberapa hal. Di bawah ini bangsaonline.com muat secara utuh bantahan dari Pesantren Tebuireng:

1. Kegiatan Temu Keluarga dan Halal Bihalal Keluarga Besar KH. M. Hasyim Asy'ari yang menjadi latar belakang foto tersebut murni diselenggarakan sebagai agenda dua tahunan dan telah berlangsung puluhan tahun, untuk menjaga tali silaturrahim antarkeluarga dari keturunan KH. M. Hasyim Asy'ari yang telah menyebar ke berbagai daerah dan latar belakang profesi.

2. Foto Saudara Abdul Hadi Wijaya bersama Gus Sholah yang beredar di media sosial diambil di sela acara ramah tamah dalam rangkaian Temu Keluarga dan Halal Bihalal Keluarga Besar KH. M. Hasyim Asy'ari yang berlangsung pada Sabtu, 16 Juni 2018. Foto-foto serupa juga diambil oleh berbagai keluarga yang hadir dalam majelis Temu Keluarga dan Halal Bihalal tersebut --terutama keluarga yang selama ini tinggal jauh dari Pesantren Tebuireng--, sebagai kenang-kenangan yang bersifat pribadi.

3. Terkait kasus beredarnya foto Gus Sholah dengan Saudara Abdul Hadi Wijaya yang dibingkai dalam narasi dukungan dan/atau keberpihakan terhadap partai tertentu dan/atau calon kepala daerah tertentu di Provinsi Jawa Barat, kami sangat menyayangkan dan menegaskan bahwa hal itu tidak sepatutnya dilakukan, mengingat dokumentasi foto tersebut adalah dokumen yang bersifat pribadi dan keluarga.

4. Pesantren Tebuireng tetap berkomitmen menjaga nilai-nilai persaudaraan antarsesama muslim (ukhuwah Islamiyah) dan sesama warga bangsa (ukhuwah wathaniyah) tanpa terikat dengan partai apapun, serta senantiasa menjaga nilai-nilai keikhlasan, kejujuran, kerja keras, tanggung jawab dan tasamuh (toleransi) dalam setiap gerakan dan ikhtiar perjuangannya.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan untuk menjadi bahan klarifikasi atas dinamika perbincangan di media sosial yang berkembang belakangan ini.

Tebuireng, 24 Juni 2018

Pesantren Tebuireng,

Ir. H. Abdul Ghofar

Sekretaris Pesantren Tebuireng

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63