2019, 2 Maskapai Buka Rute Penerbangan ke Bandara Warukin

Konten Media Partner
11 Januari 2019 14:28 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
2019, 2 Maskapai Buka Rute Penerbangan ke Bandara Warukin
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
banjarhits.ID, TANJUNG -Dua maskapai penerbangan komersial, Wings Air dan Xpress Air, tengah menjajaki membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Warukin, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Hal ini disampaikan Kepala UPTD Bandara Warukin, Rizki Maulana ketika dikonfirmasi banjarhits.ID, Jumat (11/1/2019).
ADVERTISEMENT
Rizki menuturkan Wings Air dan Xpress Air sudah mengontak dirinya untuk kemungkinan melayani rute penerbangan di Bandara Warukin. Namun, Rizki masih harus menuntaskan administrasi perubahan status dari bandara khusus ke bandara umum.
Setelah Kementerian Perhubungan merestui status bandara khusus yang melayani umum untuk Warukin, Rizki mempersilakan Wings Air dan Xpress Air terbang ke Bandara Warukin.
"Saya masih ngejar satu dokumen persyaratan lagi agar bisa melayani umum, semoga cepat prosesnya. Untuk Wings Air, kemungkinan rutenya Banjarmasin-Warukin-Banjarmasin, entah setelah itu kemana lagi. Kalau Xpress Air melayani Balikpapan-Warukin-Balikpapan," kata Rizki Maulana.
Ia berharap proses verifikasi rampung pada Februari 2019, sehingga kedua maskapai segera mengudara ke Warukin. Kedua maskapai ini paling serius menjalin komunikasi dengan UPTD Bandara Warukin. Tapi, Rizki belum tahu apakah kedua maskapai akan melayani rute perbangan setiap hari atau hari tertentu setiap pekan. "Apakah setiap hari atau seminggu tiga kali dulu, saya kurang paham," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Bandara Warukin milik PT Pertamina yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong. Sejak proyek renovasi rampung pada Desember 2017, bandara ini masih melayani penerbangan carter Pelita Air rute Halim Perdanakusuma - Warukin pergi pulang. Menurut Rizki, Pelita Air rutin terbang dua kali sepekan.
Pada pekan pekan pertama dan ketiga, Pelita Air terbang hari Senin dan Kamis. Adapun pekan kedua dan keempat setiap bulan, Pelita Air terbang pada Selasa dan Kamis. Bandara ini cuma melayani pesawat jenis ATR
"Jadi bersifat carter Pertamina. Orang (penumpang umum) boleh ikut. Bukan beli tiket, tapi beli boarding pass, beli kursi. Bandara Warukin masih bandara khusus, kalau sudah bandara umum, baru teman-teman Wings Air, Xpress Air, dan Nam Air bisa masuk," ucap Rizki Maulana.
ADVERTISEMENT
Adapun Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, Imam Fahrullazi, menuturkan pihaknya saat ini berfokus menarik minat maskapai lain untuk membuka rute penerbangan ke Bandara Warukin. Sebab, kata dia, hal ini paling penting demi memberikan dampak positif ke daerah. "Menarik maskapai, ini yang paling penting. Baru bicara investasi," katanya. (Irwin Apriadi DP)