2020, STIKES Cahaya Bangsa Banjarmasin Ditarget Jadi Universitas

Konten Media Partner
9 Maret 2019 21:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sidang Senat Terbuka STIKES Cahaya Bangsa Banjarmasin, Sabtu (9/3/2019). Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Sidang Senat Terbuka STIKES Cahaya Bangsa Banjarmasin, Sabtu (9/3/2019). Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
STIKES Cahaya Bangsa Banjarmasin berencana berganti nama menjadi Universitas Cahaya Bangsa pada 2020. Ketua Yayasan Cahaya Bangsa, Ahmad Murjani, berkata perubahan status ini merespons situasi era globalisasi dan pengembangan ilmu pengetahuan.
ADVERTISEMENT
Menurut dia, STIKES sulit mengembangkan ilmu pengetahuan apabila masih mempertahankan langgam lama. Pihaknya telah membentuk tim untuk pengembangan universitas dengan melibatkan beberapa pakar yang berkaitan seperti pakar pendidikan.
"Inysallah sebagai ketua yayasan, saya memfasilitasi hal ini (melengkapi persyaratan) demi menunjang ke arah tercapainya STIKES Cahaya Bangsa menjadi Universitas Cahaya Bangsa (UCB)," ucap Murjani kepada wartawan banjarhits.id, Reska Meiliyanti saat sidang senat terbuka Diesnatalies XVI, Sabtu (9/3/2019).
Untuk mewujudkan ambisi ini, Murjani telah menyiapkan administrasi dan beberapa bentuk persyaratan lain sebagai syarat yang diminta Menristekdikti. Salah satu syarat yakni menambah jurusan sosial yang nantinya akan digabung dengan jurusan eksak.
Selain itu, syarat teknis seperti SDM, lahan yang dimiliki kampus, sarana dan prasarana juga tengah disiapkan. Menurut Murjani, kampus STIKES Cahaya Bangsa di Jalan Ahmad Yani Kilometer 17 sudah cukup memenuhi syarat.
ADVERTISEMENT
Keinginan Murjani sejatinya mengekor STIKES Sari Mulia yang lebih dulu menjadi universitas Surat Keputusan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomer 116/KPT/I/2018.
Perubahan status ini menyusul bertambahnya program studi dan jurusan di Stikes Sari Mulia. Sebelum berubah status, Sari Mulia punya jurusan kebidanan, keperawatan, dan farmasi.
Adapun Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendukung upaya STIKES Cahaya Bangsa mewujudkan jadi universitas. "Kemajuan sebuah bangsa sangat tergantung dengan kualitas SDM, siapa yang mencetak SDM ialah bagian pendidikan seperti ini dan itu harus kita dukung," ucapnya.