kumparan
22 Mei 2018 14:12

5 Komisioner KPUD Kalsel Akan Dilantik Kamis

Banjarhits.id, Banjarmasin - KPU RI resmi menetapkan lima komisioner KPUD Kalimantan Selatan periode 2018-2023 berdasarkan SK KPU Nomor 371/PP.06-Kpt/05/KPU/V/2018 tanggal 21 Mei 2018. Selain lima komisioner, KPU RI juga memilih calon komisioner cadangan.
ADVERTISEMENT
Sekretaris KPUD Provinsi Kalimantan Selatan, Basuki mengungkapkan, lima komisioner yang lolos meraih nilai tertinggi dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang diselenggarakan tim KPU RI. Adapun posisi 6-10 berstatus cadangan yang bisa menggantikan lima komisioner teratas bila ada pergantian antar waktu.
Lima komisioner KPUD Kalsel 2018-2023 terdiri agas Sarmuji (petahana KPUD Kalsel), Siswandi Reyaan (anggota KPUD Hulu Sungai Tengah), H Nur Zazin (anggota KPUD Kotabaru), Edy Ariansyah yang berlatar belakang aktivis, serta dosen STKIP PGRI Banjarmasin, dan Dr Hatmiati (STIQ Amuntai).
Sementara itu, dalam posisi cadangan nomor 6-10 berturut-turut Samahuddin Muharram (Ketua KPUD Kalsel sekarang), S Alfian M Nur (komisioner KPUD Banjarbaru), Mahyuni (mantan Ketua Bawaslu Kalsel), Harunur Rasyid (mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kalsel), dan Muhammad Riza Jihadi (mangan anggota KPUD Kalsel).
ADVERTISEMENT
Basuki berharap, Semoga yang terpilih adalah yang terbaik untuk periode 2018-2023, akan menjalankan tugasnya sesuai fungsi dan tanggung jawab. "Kami yakin dengan mereka (terpilih) karena mereka sangat berpengalaman, ada yang dari KPU Kabupaten/Kota, serta dari Panwas dan Bawaslu. Saya kira tidak ada masalah lagi, kami tinggal bersinergi untuk kesuksesan Pemilu ini," ujar Basuki, Selasa (22/5).
Ia menjelaskan komisioner akan melakukan pemilihan ketua dan susunan komisioner KPUD Kalsel, setelah dilantik bersama komisioner barut KPUD 34 provinsi lainnya se-Indonesia.
"Besok (Rabu) mereka berangkat untuk nanti Kamis dilantik, sekalian orientasi atau bimbingan dari KPURI, setelah itu baru mereka melakukan pemilihan untuk menentukan siapa yang menjadi ketua untuk menentukan devisinya nanti,” ucap Basuki. (Hanafi)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan