kumparan
25 Juni 2018 17:06

Absen Sidang Paripurna, Anggota DPRD Kalsel Ramai-ramai Cek Kesehatan

Banjarhits.id, Banjarmasin - Suasana melompong nampak ketika Sidang Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Atas Penjelasan Gubernur Kalsel terhadap Raperda Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2017, Senin (25/6/2018). Minimnya kehadiran wakil rakyat sontak memicu rasan-rasan di kalangan awak media.
ADVERTISEMENT
Berdasarkanh pantauan banjarhits.id, Senin (25/6/2018), hanya 29 orang dari 55 anggota DPRD Kalsel yang hadir ketika sidang paripurna. Anggota DPRD Kalsel terbagi ke dalam delapan fraksi, yaitu Partai Golongan Karya, PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Perubahan Hati Nurani, Gerakan Indonesia Raya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Demokrat.
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Burhanuddin, menuturkan kehadiran 29 orang wakil rakyat itu sejatinya sudah memenuhi kuorum sidang paripurna. “Padahal berjumlah 30 orang, tapi hanya 29 orang yang tercatat," ucap Burhanudin, Senin (25/6/2018).
Ia mengatakan ada beberapa anggota Dewan yang melakukan general cek up (cek kesehatan) untuk persiapan Pemilihan Legeslatif 2019. Menurut dia, sebagian legislator yang absen sudah izin melalui sambungan telepon dan pesan WhatsApp. "Ada beberapa dari PKB dan PPP melakukan general cek up," cetusnya.
ADVERTISEMENT
Ia berujar dalam general cek up untuk Pemilu 2019 harus didampingi sesuai anjuran setiap partai politik. "Intinya ketidakhadiran tersebut dikarenakan adanya kegiatan partai politik yang beriringan dengan sidang paripurna," kata Burhanudin.
Namun, Burhanudin membantah minimnya kehadiran karena legislator menjadi juru kampanye Pilkada 2018 pada empat kabupaten, yaitu Kabupataten Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Tabalong.
"Kalau untuk Juru Kampanye tidak ada, untuk PPP itu kegiatan parta sekaligus general cek up," ucap Burhanudin. (M Robby)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan