Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Caleg PKB di Tanah Bumbu Pukuli Rekan Separtai karena Data C1

Abdal Khabir membawa bukti laporan polisi saat merilis kasus penganiayaan yang dilakukan caleg DPRD Tanah Bumbu asal PKB, Haris Fadilah, Sabtu 18 Mei 2019. Foto: banjarhits.id

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Kabupaten Tanah Bumbu, Abdal Khabir, menagih penyelesaian kasus tindak pidana penganiayaan atas terlapor Haris Fadilah, caleg petahana DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

Abdal melaporkan Haris pada 21 April lalu ke Satreskrim Polres Tanah Bumbu, setelah Haris memukul pelapor di kantor DPC PKB Tanah Bumbu pada Sabtu pukul 22.00 wita, 20 April lalu.

"Kami ingin keadilan. Polisi sudah memeriksa dua saksi, tapi terlapor belum diperiksa polisi. Motif pemukulan mungkin Haris Fadilah ingin menguasai data C1 milik partai," kata Abdal Khabir kepada wartawan banjarhits.id ketika merilis kasus di Banjarmasin pada Sabtu 18 Mei 2019.

Sebelum aksi pemukulan, Haris Fadilah berkukuh ingin mengangkut data C1 dari kantor PKB. Menurut Khabir, penguasaan C1 sangat vital karena bisa mengetahui perolehan suara caleg lain, bahkan ada potensi mengubah hasilnya.

Itu sebabnya, Khabir menolak permintaan Haris lantaran ingin menjaga netralitas di antara para celag PKB di Dapil Tanah Bumbu I (Kecamatan Simpang Empat dan Batulicin). Dua kolega Haris yang di kantor PKB sempat mengangkut berkas C1, namun ditolak oleh Abdal Khabir.

Penolakan dari Abdal membuat Haris murka. Setelah pemukulan, Abdal lekas ke RSUD Andi Abdurahman Noor untuk visum luka-luka, dan melaporkan kasus ini ke Satreskrim Polres Tanah Bumbu.

"Kaki saya ditendang, lalu tangan ditendang, dan kepala saya dicepit. Dua teman Haris datang, yang satu ikut memukuli saya," ucap Abdal Khabir. Ia sengaja tak melawan sikap Haris karena sedang dalam perawatan medis, sehingga menghindari perkelahian fisik.

Sebelum aksi pemukulan, kata Abdal, sosok Haris Fadilah dan dua orang beda partai politik pernah mendatangi kantor DPC PKB Tanah Bumbu untuk meminta C1. Abdal pun menolaknya.

Abdal mengakui persaingan antar caleg di Dapil Tanah Bumbu I cukup panas. Di Dapil Tanah Bumbu I, Haris Fadilah meraih 2.041 suara dan Hj Darwati meraih 2.036 suara. PKB menempatkan dua orang caleg ini di DPRD Tanah Bumbu periode 2019-2024.

Saat ini, Haris masih anggota DPRD Tanah Bumbu periode 2014-2019. "PKB dapat lima kursi di DPRD Tanbu. Tetap seperti tahun 2014, tapi suaranya partai turun," ujar Abdal.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22