kumparan
18 September 2019 18:33

Di Banjarmasin, Pengajuan Dana CSR Bisa Lewat Aplikasi B-CSR

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Restianto. Foto: M Syahbani/banjarhits.id
Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin membuat terobosan baru, berupa aplikasi Banjarmasin Corporate Social Responsibility (CSR) atau disingkat B-CSR. Aplikasi ini digadang bisa memudahkan masyarakat untuk mendapat bantuan dari perusahaan.
ADVERTISEMENT
"Masyarakat baik perorangan maupun kelompok bisa mengajukan proposalnya melalui aplikasi ini," jelas Kepala Dinsos Banjarmasin, Iwan Restianto kepada banjarhits.id, Rabu (18/9/2019).
Seperti diketahui, lanjut Iwan, masyarakat cenderung berharap mendapat bantuan dari pemerintah. Sebab, mereka hanya tahu bantuan bisa didapatkan di sana. Padahal bantuan juga bisa diperoleh dari perusahaan, mengingat perusahaan juga memiliki dana CSR.
"Dana CSR itu 2,5 persen dari laba perusahaan. Penyaluran dana bantuan untuk masyarakat ini wajib hukumnya bagi perusahaan," ujar mantan Kepala Tata Pemerintahan Setdako Banjarmasin ini.
Bercermin ke Dinsos sendiri misalnya, anggaran bantuan sosial (Bansos) untuk korban kebakaran saat ini defisit, akibat banyaknya jumlah kebakaran pemukiman yang saat ini terjadi. Alhasil, Dinsos harus memutar otak untuk mencari dana bantuan tambahan.
ADVERTISEMENT
Nah, lewat aplikasi ini, setidaknya bisa digunakan sebagai solusi di tengah keterbatasan APBD. Bantuan CSR yang bisa diakses melalui https://csr-banjarmasinkota.info/ diharapkan bisa menjadi alternatifnya.
Selain itu, hingga saat ini, sudah ada 50 perusahaan baik kecil maupun besar yang tergabung dalam aplikasi. Dari jumlah tersebut, ada Rp 1,5 miliar yang sudah disalurkan untuk masyarakat. Namun, tambah Iwan, dana ini kemungkinan masih bisa didongkrak karena masih banyak perusahaan yang belum bergabung dalam aplikasi tersebut.
"Kalau total perusahaan yang ada di Banjarmasin sekitar 1500 an. Jadi masih banyak sebetulnya yang masih belum gabung. Kami harapkan dalam tahun ini paling tidak 50 persen sudah gabung," harapnya.
Iwan menambahkan, aplikasi B-CSR akan diluncurkan bertepatan pada puncak Hari Jadi Kota Banjarmasin ke - 493 pada 24 September mendatang. "Semoga dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat kota Banjarmasin," pungkasnya. (adv)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan