kumparan
17 Mar 2019 21:21 WIB

Kalsel Ukir Sejarah Emas Bidang Disiplin Berlalu Lintas

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ketika menerima lima rekor MURI di sela MRSF, Minggu (17/3). Foto: Humpro Setdaprov Kalsel
Kalimantan Selatan sukses mengukir prestasi emas dalam mencegah dan mengedukasi peningkatan disiplin berlalu lintas, terutama di kalangan generasi muda. Ini dibuktikan dengan keberhasilan Kalsel meraih prestasi nasional even bersejarah melalui Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 di kantor Setdaprov Kalsel, Kota Banjarbaru pada Minggu (17/3) pagi.
ADVERTISEMENT
Penghargaan nasional ini dalam bentuk Award dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia LEPRID kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Penghargaan untuk kategori Deklarasi Keselamatan Lalulintas dengan peserta pelajar terbanyak.
Prestasi nasional lain turut dipersembahkan Polda Kalsel karena mencetak lima rekor MURI, yakni mobil pelayanan SIM pertama dengan fasilitas informasi, main game lalu lintas oleh kaum millennial terbanyak, dan sajian makanan untuk kaum millennial dari gerai UKM terbanyak.
Kemudian lomba membaca pidato dalam tiga bahasa dengan peserta terbanyak, dan rekor 100.000 peserta Senam Kolosal Milenial pada puncak Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019.
Kegiatan semakin disambut meriah dengan hadirnya Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, Wakapolda Brigjen Pol Drs Aneka Pristafuddin, pejabat utama polda, kapolres, Danrem 101/Antasari, Kol Inf M Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto, Forkopimda Kalsel, dan Kota Banjarbaru serta tamu undangan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sahbirin Noor mengapresiasi ke Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani, M.Si bersama jajarannya bersama pemerintah daerah dan masyarakat turut berkontribusi nyata bagi percepatan pembangunan daerah. Menurut Sahbirin, salah satu bukti sinergi itu adalah upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas melalui upaya preventif dan persuasif.
“Melalui kegiatan ini semoga anak-anak muda kita akan lebih sadar dalam berlalu lintas, tetap menggunakan helm. Apa lagi Pak Kapolda Kalsel kita telah mempelopori hal tersebut. Maka dari itu saya sangat berharap para pengendara yang ada, dapat mematuhi aturan dalam berlalu lintas di jalan raya,” terang Paman Birin.
Irjen Yazid Fanani mengapresiasi rekor tersebut dan mengucapkan terimakasih ke seluruh pihak yang telah membantu dalam pencatatan rekor MURI. Menurut Kapolda, dengan adanya Millennial Road Safety Festival diharapkan masyarakat dapat lebih peduli keselamatan berlalu lintas karena penting menekan angka kasus kecelakaan di Kalsel. Apalagi, kecelakaan didominasi kalangan remaja.
ADVERTISEMENT
Menurut dia, kecelakaan lalu lintas yang menjadi salah satu dari lima besar faktor penyebab kematian tertinggi di dunia. Polda Kalsel dan jajaran melaksanakan Millennial Road Safety Festival 2019 untuk mewujudkan Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang.
Dilaporkan panitia ada 200 ribu peserta hadir mengikuti acara yang diawali dengan Senam Kolosal Millennial, sementara kupon yang dibagi sudah sebanyak 400 ribu kupon. Jalannya acara usai senam kolosal dilanjutkan Color Fun Walk atau Jalan Sehat Millennial yang dimulai sejak pagi.
“Partisipasi masyarakat patut diapresiasi,” katanya. Di tengah ratusan ribu warga, ia berpesan agar dapat menjaga keselamatan dan tertib dalam berlalulintas. Meski acara Millennial Road Safety Festival banjir peserta, Polda Kalsel menggratiskan makanan di sekitar lokasi acara guna dapat dikonsumsi bersama.
ADVERTISEMENT
Di puncak acara Millennial Road Safety Festival 2019 ini, Polda Kalsel menyediakan berbagai hadiah doorprize bagi para peserta, seperti mobil, paket umroh, tour Singapore, serta berbagai hadiah menarik lainnya. (Adv)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan