kumparan
15 September 2019 21:27

Kebakaran Melanda Kampung Arab, Banjarmasin, 19 Bangunan Hangus

Api berkobar di permukiman padat penduduk Kampung Arab, Jalan Antasan Kecil Barat, Banjarmasin, Minggu (15/9/2019). Foto: istimewa
Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di kawasan Kampung Arab, Jalan Antasan Kecil Barat, Kota Banjarmasin, pukul 18.00 WITA, Minggu (15/9/2019). 19 bangunan hangus dan satu orang mengalami luka bakar.
ADVERTISEMENT
Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin, M. Hilmi, mengungkapkan korban luka bakar sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Ansari Shaleh, Banjarmasin.
"Satu korban luka bakar atas nama Syarifah Jainab, perempuan yang berusia 45 tahun, dan mengalami luka bakar 40 persen di sekujur tubuh," ungkap Hilmi kepada wartawan banjarhits.id, Minggu (15/9).
Hilmi merinci 19 bangunan yang terbakar itu: 18 rumah dan 1 bedakan tiga pintu (semacam kos-kosan, satu rumah terdiri dari tiga kamar).
"Akibatnya 25 Kepala Keluarga dan 82 jiwa dari warga setempat harus rela kehilangan tempat tinggal," ujar Hilmi.
Hilmi belum bisa memastikan pemicu kebakaran dan total kerugian materiel akibat kebakaran kali ini. Menurut dia, polisi masih menyelidiki penyebab dan dari mana datangnya api.
ADVERTISEMENT
"Yang jelas saat ini petugas masih dalam penyelidikan," singkatnya.
Informasi yang dihimpun banjarhits.id, api begitu cepat menyambar dari satu rumah ke rumah yang lainnya akibat angin kencang dan sebagian besar bangunan terbuat dari kayu. Tak berselang lama, hanya sekitar satu jam, api menghanguskan 19 bangunan tersebut.
Catatan BPBD Kota Banjarmasin, waktu berita ini diterima tepat pukul 18.00 WITA, petugas pemadam langsung bergerak ke lokasi. Dalam hitungan kurang lebih satu jam, api dapat dipadamkan.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan