kumparan
3 Maret 2019 9:35

Klotok Wisata Mogok Massal, Pelancong Gagal Susur Sungai Banjarmasin

klotok mogok.jpg
Petugas Dishub Banjarmasin berjaga-jaga di dermaga klotok wisata, Jalan Pierre Tendean. Ratusan wisatawan menumpuk karena motoris klotok wisata mogok massal, Minggu (3/3/2019). Foto: Zahidi/banjarhits.id
Ratusan pelancong menumpuk di dermaga klotok wisata Siring Sungai Martapura, Jalan Piere Tendean, Kota Banjarmasin. Mereka sejatinya hendak wisata susur sungai memakai perahu klotok. Namun, puluhan unit klotok di sana enggan melayani wisatawan yang kadung datang ke dermaga.
ADVERTISEMENT
Puluhan motoris klotok memang sepakat mogok massal pada Minggu (3/3) sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Di lokasi, Dishub Banjarmasin menempatkan petugasnya untuk merazia klotok yang masih membolehkan pelancong duduk di atap.
Firdaus, warga asal Kecamatan Banjarmasin Tengah, kecele karena tidak tahu para motoris klotok mogok massal. Ia sudah mendatangi dua dermaga wisata sungai di Banjarmasin. Hasilnya, Firdaus kecewa karena semua motoris mogok.
"Saya tadi habis dari Dermaga Siring Bekantan tadi katanya mogok angkutan. Ya sudah kami ke Dermaga Siring Tendean ini mencoba, tetapi juga masih menemui hal yang sama ini mogok angkutan mereka semua," ucap Firdaus kepada wartawan banjarhits.id, Zahidi, Minggu (3/3).
Warga lainnya, Astuti turut kecewa karena tidak bisa susur sungai. Astuti berharap motoris klotok mau melayani pelancong yang hendak susur sungai pada Minggu.
ADVERTISEMENT
"Saya berharapnya sih dibuka hari ini juga. Kami sama teman-teman masih menunggu, mudah-mudahan bisa dibuka. Saya tidak tahu persis alasannya kenapa jadi mogok mereka, yang jelas mereka menyampaikan hari ini mogok angkutan begitu," ujar Astuti.
Di lokasi, sebagian motoris klotok memilih pulang. Sisanya menunggu di dermaga seraya bernegosiasi dengan Dishub Banjarmasin untuk menemukan solusi agar masyarakat tidak dirugikan.
Adapun dua dermaga yang terdapat di sepanjang Siring Piere Tendean dan Siring Bekantan sejak pukul 07.30 Wita sudah dipadati ratusan warga. Mereka hendak menikmati susur sungai yang menjadi andalan wisata Kota Banjarmasin.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan