Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Pekan Depan, RS Sultan Suriansyah Operasionalkan PHC

Pelaksana tugas Kepala Dinkes Kota Banjarmasin Lukman Hakim. Foto: Zahidi/banjarhits.id

Tim percepatan operasional medis Rumah Sakit Sultan Suriansyah terus mengebut pelayanan perdana di tengah penyelesaian proyek fisik. RS Sultan Suriansyah akan lebih dahulu mengoperasikan public healthy centre (PHC) atau pusat kesehatan masyarakat di gedung dua pada Senin (18/3) pekan depan.

Pelaksana tugas Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Lukman Hakim, mengatakan pelayanan yang diberikan PHC setara dengan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan beroperasi full time selama 24 jam sehari untuk keseluruhan pelayanan yang terkait dengan unit IGD.

"18 Maret ini saya menjamin mulai operasi. Sebab sekarang pun sudah beroperasi PHC 119, namun terletak di Puskesmas Pekauman, dan akan berpindah layanan di RS Sultan Suriansyah dimulai dari 18 Maret mendatang," ucap Lukman Hakim kepada wartawan banjarhits.id, Zahidi, Jumat (15/3).

Lukman menjelaskan PHC sebagai cikal bakal dari IGD, seraya menunggu operasional penuh RS Sultan Suriansyah. Pelayanan PHC juga setara IGD yang beroperasi selama 24 jam sehari. Apabila rumah sakit beroperasi penuh, maka layanan PHC bersalin jadi IGD RS Sultan Suriansyah.

Menurut dia, PHC RS Sultan Suriansyah sudah didukung SDM medis. Keberadaan tenaga medis sangat vital untuk menopang operasional perdana PHC pada 18 Maret mendatang. Ia berharap layanan medis di RS Sultan Suriansyah beroperasi penuh sebelum tanggal 24 September 2019.

“Ini semua berkat kerja sama yang apik oleh tim percepatan sehingga kami akan lakukan operasional PHC IGD. Ini sebagai langkah pemula dari beroperasinya RS Sultan Suriansyah yang ditarget sebelum hari jadi Kota Banjarmasin ke-493 sudah harus beroperasi," ungkap Lukman.

Ia mengklaim keberadaan delapan bangunan liar di depan RS Sultan Suriansyah belum mengganggu operasional PHC. Untuk sementara, lalu lintas keluar-masuk orang bisa lewat akses lain.

"Karena RS Sultan Suriansyah memiliki dua sisi pintu masuk, yang pertama adalah yang masih terganjal 8 persil bangunan. Yang kedua sudah beres dibuat jalan masuk ambulans air atau yang menghadap ke sungai ini bisa difungsikan nantinya dalam waktu dekat," katanya.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: