kumparan
7 Jan 2019 17:11 WIB

Pelindo Beri Rp 2 Miliar untuk Mitra Binaan se-Kalselteng

banjarhits.ID, BANJARMASIN - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Banjarmasin menyalurkan dana usaha bergulir melalui program bantuan dana kemitraan kepada 37 UMKM yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Menurut CEO Pelindo III Cabang Banjarmaisn, Boy Robyanto, bantuan tahap pertama tahun 2019 diberikan dana modal bergulir senilai Rp 2.060.000.000 kepada 37 UMKM.
ADVERTISEMENT
"Jumlah bantuan yang diberikan kepada masing-masing UMKM bervariasi, tergantung kebutuhan maupun persetujuan dari Pelindo," kata Boy Robyanto di sela penyerahan modal usaha bergulir tahap I di Aula Kantor Pelindo III Cabang Banjarmasin Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Senin (7/1/2019).
Ia berharap bantuan modal usaha dimanfaatkan UMKM untuk mengembangkan usaha agar makin besar dan mendongkrak penjualan dan omset usahanya. Selain itu, Boy mengingatkan UMKM mesti taat pembayaran, supaya program ini bisa terus berjalan dan dapat dimanfaatkan oleh UMKM lainnya yang juga berminat menjadi mitra binaan Pelindo.
"Kalau melalui modal usaha ini UMKM makin berkembang bisnisnya, maka kami sangat bahagia. Karena selain bisa mendorong ekonomi mikro di daerah makin berkembang, diharapkan juga dapat menyerap tenaga kerja di sektor informal," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Asisten II Bidang Pembangunan Setdako Banjarmasin, Doyo Pudjadi, mengapresiasi upaya PT Pelindo III Cabang Banjarmasin yang rutin membantu permodalan UMKM melalui program mitra binaan. Ia berharap perusahaan lainnya mengikuti jejak langkah Pelindo.
Sebab, kata Doyo, programnya sangat bermanfaat dan mampu membantu Pemko Banjarmasin dalam mendorong geliat ekonomi mikro di Kota Banjarmasin.
Adapun pelaku UMKM amplang dari Banjarbaru, Rini Wardhani, bersyukur bisa menjadi bagian dari mitra Pelindo yang mendapat tambahan modal usaha melalui program mitra binaan. Melalui bantuan modal, ia berupaya memperbesar produksinya untuk mengembangkan pasar produk amplangnya hingga ke luar daerah pada 2019.
"Saat ini produk amplang kami memang sudah dipasarkan di berbagai pusat oleh-oleh dan ritel modern di Kalsel. Untuk tahun 2019, saya berencana mengembangkan pasarnya hingga ke luar daerah," imbuhnya. (Akhmad Faisal)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan