Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Slank dan Menpar Akan Resmikan Geopark Nasional Pegunungan Meratus

Tim ekspedisi Pegunungan Meratus. Foto: Dok banjarhits.id

Geopark Nasional Pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan akan diresmikan pada 26 Februari 2019 di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Peresmian Geopark Nasional Meratus rencananya turut dihadiri Menteri Pariwisata RI Arif Yahya dan grup musik Slank.

Menurut Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kalsel, Faisal Rizani, peresmian Geopark Nasional Meratus sebagai angin segar bagi industri pariwisata di Kalsel. Sebab, kata dia, kawasan Pegunungan Meratus jadi destinasi wisata yang diakui Indonesia.

Gugusan Geopark Nasional Meratus mencakup kawasan Loksado hingga waduk Riam Kanan. Landskap ini berpotensi dikembangkan sebagai destinasi ecotourism yang eksotik di Kalsel.

“Dampak ikutan dengan ditetapkan Geopark Meratus bagi industri wisata di Kalsel menjadi semakin bergairah,” kata Faisal Rizani kepada wartawan banjarhits.id, Anang Fadhilah pada Senin (11/2).

Faizal berkata keuntungan lainnya Geopar Meratus berpotensi diakui oleh UNESCO. Apabila sukses, ia optimis pengembangkan konsep wisata dan program pelestarian alam Kalsel makin mudah.

“Sehingga kawasan Meratus tidak bisa ditambang semuanya," ucap Faisal Rizani. Selain menggairahkan pariwisata Kalsel, ia berharap mementum ini punya multiplier effect di masyarakat sekitar Pegunungan Meratus seiring perekonomian makin dinamis dan berkembang.

Dengan adanya geopark nasional maka kawasan Meratus bisa dijadikan geodiversity—pesona berbagai jenis batuan yang indah dan jumlahnya 60 persen dari total ke seluruhan geopark. Di kawasan itu, kata Faizal, bisa dijadikan kajian ilmiah yang punya nilai keragaman hayati atau biodiversity aneka macam flora dan fauna.

Kemudian bisa dijadikan culturediversity. Beberapa di antara geosite itu adalah Tahura Sultan Adam, Goa Batu Hapu, Bukit Kayangan, dan Air Panas Batu Mandi. Dimana total luasan Geopark Pegunungan Meratus 328,034 meter kali 9,691,948 meter.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: