Pencarian populer
PUBLISHER STORY

ULM Tak Pernah Kasih Penghargaan Almarhum Abdul Djebar Hapip

Abdul Djebar Hapip. Foto: istimewa
Penggiat dunia Sastra Indonesia, khususnya sastra dan bahasa Banjar sedang dirundung duka. Sosok akademisi linguistik FKIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof. Abdul Djebar Hapip, meninggal dunia pada Rabu (19/6/2019) pukul 01.20 WITA.
ADVERTISEMENT
Kabar meninggalnya Abdul Djebar datang dari putrinya, Reny. Almarhum Abdul Djebar meninggal dunia pada usia 84 tahun. Sebelumnya, almarhum mengeluh sakit jantung sejak dua pekan terakhir. Pada 18 Juni, Abdul Djebar mendapat proses cuci darah.
Almarhum dikabarkan tutup usia di ICU RSUD Ulin Banjarmasin pada Rabu dinihari. Jenazah Abdul Djebar dimakamkan di Maqrabah Guntung Lua, Kota Banjarbaru setelah sebelumnya sempat disalatkan.
Figur Abdul Djebar dikenang orang-orang terdekatnya, terutama penggiat isu kebahasaan dan sastra. Sosok Abdul sangat berjasa karena telah membukukan kosa kata bahasa Banjar dalam Kamus Bahasa Banjar-Indonesia. Almarhum Abdul Djebar Hapip menjadi orang yang pertama dalam hal ini.
Penggiat Sastra Banjar, YS Agus Suseno menjadi salah satu orang yang kehilangan. Tambah sedih lagi, kata Agus, ketika almarhum belum pernah menerima penghargaan apa pun dari pemerintah daerah dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Padahal, ULM tempat dimana Abdul Djebar mengabdi.
ADVERTISEMENT
"Saya tidak tahu, apakah kita, terutama institusi terkait, memang tak punya tradisi dan komitmen untuk menghargai pencapaian intelektual dan reputasi keilmuan seseorang. Karena saya sempat mendengar pengakuan almarhum bahwa betapa sulitnya prosee penerbitan Kamus Bahasa Banjar Indonesia," kata Agus.
Menurut dia, harus ada penghargaan secara khusus terhadap almarhum Abdul Djebar. Sebab bagaimana pun, Agus melihat figur Abdul Djebar telah berjasa dalam pelestarian bahasa daerah asli Kalsel.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86