Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Selama Ramadan, Sampah di Banjarmasin Melonjak Jadi 661 Ton per Hari

Kasi Teknologi Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Hari Perdana Yuda, mencatat ada peningkatan volume timbunan sampah lebih dari 5 persen menginjak hari ke-21 Ramadan 1439 Hijriah. Hari memprediksi ada kemungkinan volume sampah terus meningkat hingga lebaran nanti.

"Untuk saat ini tidak ada penambahan personel atau armada, melainkan melakukan pelemburan pada TPS tertentu yang mengalami peningkatan kuota sampah,” ujar Hari Perdana Yuda kepada banjarhits.id, Rabu (6/6/2018).

Ia menjelaskan volume timbunan sampah di luar Ramadan 641,55 ton perhari, melonjak 5 persen menjadi 661 ton. Menurut Hari, lonjakan volume sampah karena aktivitas perdagangan selama Ramadan meningkat tajam.

Hari berkata volume sampah terutama dihasilkan dari pasar-pasar wadai Ramadan yang marak berdiri.

"Selain itu kami menduga, peningkatan yang cukup signifikan dari volume sampah berasal dari hasil olahan maupun limbah rumah tangga,“ ucap Hari.

Ia mengimbau masyarakat atau komunitas untuk bersedia ikut berperan aktif dalam pengurangan sampah, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. (Hanafi)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20