kumparan
14 Jun 2019 18:25 WIB

Foto: Semarak Lomba Pacuan Kuda Rayakan Lebaran di Gorontalo

Ratusan Warga memadati arena perlombaan Pacuan Kuda di Lapangan Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Jumat (14/6) Foto : Burdu/banthayoid
BANTHAYO.ID,GORONTALO - Ribuan masyarakat memadati lapangan golf Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, untuk melihat lomba pacuan kuda, Jumat (14/6).
Pada kejuaraan pacuan kuda ronde ke dua. Kuda dari Gorontalo berhasil menjadi yang tercepat pada laga. (Foto : Burdu/banthayoid)
Sebanyak 74 kuda disiapkan untuk mengikuti perlombaan, yang terbagi dua kategori. Yakni, 35 kuda untuk kejuaraan pacuan kuda dan 39 kuda untuk kejuaraan gerobak kuda.
Kuda milik Bupati Kabupaten Gorontalo, "Gemilang" berhasil meraih kejuaraan pada perlombaan pacuan kuda Se- Sulawesi. (Foto : banthayoid)
Panitia mengadakan empat sesi pertandingan. Pada balapan pertama diikuti oleh tiga kuda yang mengadu ketangkasan 1.400 meter. Kedua diikuti dua kuda dengan jarak tempuh 9.000 meter dan balapan ketiga jarak 600 meter diikuti empat kuda. Balapan terakhir, lima kuda akan menempuh jarak 500 meter.
Salah satu kuda yang berasal dari Kalimantan, yang diikut sertakan pada perlombaan Pacuan kuda di lapangan Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. (Foto : Burdu/banthayoid)
"Empat sesi itu akan berlangsung sejak 12 Juni dan berakhir 14 Juni. Peserta berasal dari Gorontalo, Minahasa, Manado, dan Samarinda," ungkap Refki Kalurumpun, Panitia Pengawas Pacuan Kuda.
Sebanyak 74 kuda diikut sertakan pada perlombaan Pacuan kuda Di gorontalo. Dalam memeriahkan Gebyar ketupat. (Foto : Burdu/banthayoid)
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, perlombaan itu rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menyemarakan Lebaran Ketupat.
ADVERTISEMENT
"Animo masyarakat yang melihat pertunjukan ini bisa menjadi promosi digelarnya perlombaan tingkat nasional," katanya.
Seorang warga sedang menyiapkan gerobak, untuk perlombaan dengan kategori Gerobak Kuda yang akan beradu di lapangan Yosonegoro. (Foto : Burdu/banthayoid)
Tambah Nelson, ia berkeinginan menjadikan lomba itu tingkat nasional, dengan tuan rumah Gorontalo. Untuk mendorong terwujudnya keinginan itu, pemerintah akan membenahi arena pacuan kuda.
----
Reporter : Rahmat Ali
Editor : Febriandy Abidin
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·