kumparan
18 Sep 2019 11:03 WIB

Kemarau Panjang, Ratusan Warga di Gorontalo Gelar Salat Istisqa

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, melaksanakan salat istisqa bersama masyarakat setempat, Rabu, (18/9). Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
BANTHAYO.ID,GORONTALO - Ratusan warga bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo melaksanakan salat istisqa di halaman rumah dinas Bupati Gorontalo, Rabu pagi (18/9).
ADVERTISEMENT
Salat dimulai pukul 06.10 WITA, diawali doa dan zikir bersama. Salat istisqa dilaksanakan sebagai ikhtiar kepada Allah SWT. untuk meminta hujan agar kemarau panjang yang melanda Kabupaten Gorontalo segera berakhir.
Salat dimulai pukul 06.10 WITA, diawali doa dan zikir bersama. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
“Alhamdulillah tadi kita sudah salat istisqa meminta hujan karena kekeringan. Akibat kemarau, kita sudah banyak terkena dampak. Seperti krisis air, gagal panen, kebakaran rumah, sampai kebakaran lahan," kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Rabu (18/9).
Nelson menuturkan, salat istisqa adalah salah satu upaya untuk menghadapi kekeringan. Ia mengajak masyarakat berdoa bersama-sama demi meminta hujan. Menurutnya, doa merupakan senjata bagi orang mukmin.
Salat istisqa sebagai ikhtiar kepada Allah SWT. agar diturunkan hujan. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
"Semoga Allah SWT. bisa mengabulkan dan musim kemarau bisa segera berakhir," ujar Nelson.
Dirinya menambahkan, Pemkab Gorontalo pun telah menyalurkan bantuan kepada warga berupa cadangan beras dan bantuan air bersih untuk menanggulangi darurat kekeringan di Kabupaten Gorontalo.
Salat istisqa adalah salah satu upaya untuk menghadapi kekeringan. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
"Semoga dengan bantuan itu bisa mengurangi beban warga yang terdampak kekeringan," pungkas Bupati Nelson.
Masyarakat berkumpul di halaman rumah dinas Bupati Gorontalo untuk melaksanakan salat istisqa. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
Salat sunah dua rakaat untuk meminta hujan. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gorontalo melaksanakan zikir dan doa bersama sebelum melaksanakan salat istisqa. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
Warga dan pegawai pemerintah memadati halaman rumah dinas bupati untuk melaksanakan salat istisqa. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
Salat dilakukan usai kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan di Gorontalo semakin parah. Foto: Humas Pemkab Gorontalo.
----
ADVERTISEMENT
Reporter: Rahmat Ali
Editor: Febriandy Abidin
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan