kumparan
5 Jun 2018 0:43 WIB

Dukungan Kemenangan atas Ganjar Pranowo

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo terus mengalir. Daya tarik yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo nampak begitu luar biasa. Tentu bukan daya tarik yang sekedar membuat orang mendukung secara membabi-buta. Ada alasan-alasan yang bisa dijelaskan secara rasional: Ganjar Pranowo adalah sosok yang peduli terhadap rakyat, bekerja selayaknya sebagai pemimpin dan menunjukkan prestasi.
ADVERTISEMENT
Dukungan kali ini datang dari sebanyak 7.777 kepala keluarga atau 27.417 jiwa warga eks Timor Timur. Mereka – dengan sebanyak itu – menunjukkan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin pada pilgub Jawa Tengah 2018.
Bagi Ganjar Pranowo, dukungan dari mereka itu memiliki arti khusus. Menurutnya, dukungan itu menunjukkan bahwa mereka memiliki gagasan yang sama. Dalam bahaga Ganjar, mereka mendukung karena se-ide dengan dirinya, dengan visi dan misi yang dirinya bawa untuk membangun Jawa Tengah.
Selain itu, dukungan itu juga menunjukkan perasaan satu hati dan satu ideologi. Mereka mendukung dan hendak berjuang bersama-sama. Tentu saja ini merupakan fenomena yang sangat menarik. Dukungan mereka menunjukkan suatu kesadaran yang sejalan dengan semangat demokrasi: bahwa Ganjar sebagai pemerintah benar-benar mendapat dukungan dari masyarakatnya.
ADVERTISEMENT
Dengan dukungan itu, praktis Ganjar semakin berada di atas angin untuk dapat memenangi pilkada Jawa Tengah. Tingkat kemenangan itu diprediksi bahkan semakin jauh, semakin telak mengungguli pasangan Sudirman – Ida. Tentu saja bagi Ganjar, dukungan sebesar apa pun kemudian juga prediksi lembaga survei tidak lantas membuat dirinya jumawa.
Sebaliknya dukungan ini dapat dibaca semakin mantapnya rakyat untuk meneruskan kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. Ganjar Pranowo dianggap berhasil atau setidaknya memuaskan dalam kepemimpinannya di Jawa Tengah selama satu periode. Ungkapan dukungan itu adalah isyarat paling jelas ada kecintaan dari rakyat kepada pemimpinnya.
Dukungan dari warga eks Timor-Timur atau yang dikenal dengan ‘Komite Nasional Korban Politik Timor-Timur (Kokpit) juga memiliki makna khusus. Ada simbol yang tersirat dari angka tujuh. Dalam pandangan Ganjar Pranowo – meski pun tentu saja itu hanya bagian dari penghayatan subjektif Ganjar – angka tujuh itu memiliki tujuan yakni memberikan pertolongan atau pitulungan.
ADVERTISEMENT
Ganjar berjanji, jika kelak menang menjadi gubernur, dia akan mengundang mereka, eks Timor-Timur secara khusus hadir di dalam pelantikan. Kejutan apa? Biarlah menjadi rahasia Ganjar dan tim nya.
Bagi Kokpit, dukungan atas Ganjar Pranowo tak lain adalah bentuk terima kasih. Selama ini bapak Jokowi dan Ganjar Pranowo telah memberikan bantuan kepada masyarakat eks Timor-Timur.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan