News
·
10 November 2020 11:01

Baru Satu Orang dari Singapura Masuk Batam Pasca TCA Dibuka

Konten ini diproduksi oleh BATAMNEWS
Baru Satu Orang dari Singapura Masuk Batam Pasca TCA Dibuka (310727)
Pelabuhan Batam Centre. (Foto: Dok.Batamnews)
Batam - Sejak diberlakukan Travel Corridor Arrangement (TCA) antara Indonesia dan Singapura, akses kedua negara mulai dibuka. Salah satu pintu internasional yang ditunjuk adalah Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre.
ADVERTISEMENT
TCA berlaku khusus perjalanan penting seperti bisnis dan keperluan non wisata. Kendati demikian saat ini, baru satu orang yang tercatat masuk ke Batam dari Singapura.
"Iya, baru satu yang masuk," ujar Pjs Wako Batam, Syamsul Bahrum kepada wartawan di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Senin (9/11/2020).
Kendati begitu, Syamsul mengungkapkan yang sudah mendaftarkan diri sudah cukup banyak, dan masih dalam proses. Angka kunjungan TCA ini masih jauh dari kuota yang ditetapkan yaitu 300 orang dalam satu bulan.
Menurutnya syarat TCA yaitu pelaksanaan swab test sebanyak dua kali menjadi salah satu faktor jumlah kunjungan yang masih sedikit.
“Mereka harus membayar dua kali tes swab, mengeluarkan Rp2,9 juta untuk itu. Pasti jadi pertimbangan,” katanya.
ADVERTISEMENT
Syamsul menambahkan, pihaknya selalu melaporkan perkembangan TCA itu kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI.
Pihaknya juga memastikan pelayanan diberikan sudah sesuai protokol kesehatan. Bahkan, hotel, travel, rumah sakit, petugas medis juga sudah siap siaga.
"Saya setiap hari melaporkan kepada Kemenlu tentang perkembangan ini. Mengecek dua hari sekali persiapan-persiapannya. Kita sudah maksimal," kata dia.
(ret)
Baca berita lainnya di www.batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di