News
·
15 April 2019 18:40

Mahasiswa UMRAH dan Banyan Tree Bintan Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Konten ini diproduksi oleh BATAMNEWS
Mahasiswa UMRAH dan Banyan Tree Bintan Tanam 2.000 Bibit Mangrove (219872)
Foto: Ary/Batamnews
Bintan - Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH bersama Banyan Tree Bintan melakukan penanaman 2.000 bibit bakau (mangrove) di sepanjang Pantai Kampung Sumpat, Desa Pengudang, Kecamatan Teluksebong, Minggu (14/4/2019).
ADVERTISEMENT
Aksi yang digelar dalam rangka Hari Bumi Internasional ini juga diikuti relawan dari masyarakat setempat, pelajar, Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan serta TNI AL.
Koodinator aksi dan juga Ketua Kelompok Minat Bakat Mahasiswa (KMBM) Coral FIKP UMRAH, Feni Yanto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Banyan Tree Bintan Lagoi.
"Ini yang pertama kali kami lakukan di Desa Pengudang. Tindakan ini juga bersifat ilmiah lapangan dari organisasi yang dipimpinnya," ujar Feni.
Mangrove yang ditanam sebanyak 2.000 bibit. Tanamnya dengan sistem satu lubang 5 bibit. Hal ini untuk memastikan apa yang di tanam akan hidup 100 persen.
"Secara ilmiah tingkat keberhasilan penanaman bakau adalah 20 persen. Dengan ada 5 bibit dalam 1 lubang, kami pastikan semua bibit yang ditanam akan hidup," katanya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, CSR Manager Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer menjelaskan penanaman bibit mangrove tersebut diselenggarakan melalui dana CSR dari Banyan Tree Bintan.
"CSR diberikan merupakan wujud bersama untuk menjaga lingkungan dan penghijauan di Pulau Bintan," sebutnya.
Hingga saat ini, kata Henry, Banyan Tree Bintan sudah melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak 65 ribu bibit pohon. "25 ribu diantaranya merupakan bobit mangrove," ujar dia.
Kegiatan yang dilakukan dengan Coral FIKP UMRAH ini merupakan kesekian kalinya dilaksanakan di Desa Pengudang. Ia mengharapkan kedepannya baik pihak swasta maupun pemerintah untuk terus bersama meningkatkan kualitas perbaikan lingkungan.
"Khususnya mengenai kampanye pengurangan sampah plastik dan kebersihan juga terus kami lakukan agar terus menunjang sektor pariwisata di Bintan," ucapnya.
ADVERTISEMENT
(ary)
*Baca berita lainnya di Batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di Batamnews.co.id

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white