kumparan
20 Agustus 2018 10:55

Para Ironman dari 57 Negara Unjuk Kekuatan di Bintan

Minggu 19 Agustus 2018, 12:07 WIB
Para peserta Triathlon Ironman memulai start, Minggu (19/8/2018) pagi. (Foto: Ary/Batamnews)
Bintan - Sebanyak 1.300 peserta mengikuti olahraga Triathlon Ironman di Lagoi, Kabupaten Bintan. Olahraga kolaborasi tiga cabang estafet ini dilepas oleh Vice President PT BRC, Frans Gunara, Minggu (19/8/2018).
ADVERTISEMENT
Hadir juga GGM PT BRC Abdul Wahab, ASDEP Pengembangan Pemasaran I Regional I (Sumatera) Kemenpar, Masruroh dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam serta Kepala FKPD dan OPD Bintan.
Vice President PT BRC, Frans Gunara mengatakan dari 1.300 triathletes asal 57 negara yang bertanding. Ikut juga 17 atlet profesional kelas dunia. Mereka akan melibas tiga trek dalam event ini.
"Mereka akan melewati tiga rintangan terbaik se-Asia. Mulai dari berenang 1.9 km, 90 km sepeda dan 21,1 km berlari," ujarnya.
Beberapa dari mereka berlomba dengan harapan untuk lolos ke Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 yang berlangsung di Nice, Prancis 2019 mendatang.
"Ada 30 slot kualifikasi yang diperebutkan oleh atlet profesional dan amatir," katanya.
ADVERTISEMENT
Ironma Bintan ini tidak hanya mendatangkan atlet-atlet dari 57 negara saja. Tetapi juga mampu meraup keuntungan yang besar.
Diantaranya jumlah hunian yang berada di Kawasan Pariwisata Lagoi melonjak. Bahkan seluruh kamar di penginapan terisi penuh semua. Pastinya juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan dan perekonomian masyarakat.
"Ada 1.300 atlet amatir dan profesional. Mereka membawa istri atau suami dan anaknya. Jadi yang datang ke Bintan 3.900 orang. Belum lagi pihak sponsor dari masing-masing atlet, diperkirakan ada 4.000-5.000 orang selama 2 hari di sini," jelasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam memberikan apresiasi kepada semua pihak atas kesuksesan terselenggaranya event ini.
"Tanpa kerjasama semua pihak event ini tidak akan berjalan," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Ironman 70.3 Bintan ini, kata Dalmasri, merupakan event yang dilaksanakan secara gotongroyong oleh semua pihak selama 4 tahun. Mulai dari 2015-2018. "Jika dibebankan seluruhnya ke Pemkab Bintan, keuangan daerah tidak akan sanggup," katanya.
Event yang dianugerahi Triathlon Jarak Jauh Terbaik di Asia oleh Asia Tri ini disponsori oleh Indofood dan Kemenpar RI. Kemudian penyelenggara yaitu PT BRC, Metasport dan Pemkab Bintan.
"Hadiah yang diperebutkan dalam event ini sebesar $ Sin 15.000. Semoga kedepannya jumlah peserta lebih meningkat," tuturnya.
Ironman 70.3 Bintan digelar PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Metasport, Kemenpar RI serta Pemkab Bintan di Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan.
(ary)
*Baca berita terkait lainnya di Batamnews.co.id
ADVERTISEMENT
Berita ini pertama kali terbit di Batamnews.co.id
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan