kumparan
29 Agu 2018 16:55 WIB

Puluhan Calon Siswa TNI AU Ikuti Tes Ketat

Rabu 29 Agustus 2018, 15:47 WIB
Calon siswa TNI AU (Foto: Batamnews)
Tanjungpinang - Sebanyak 49 putra Provinsi Kepulauan Riau menjalani tes calon bintara TNI Angkatan Udara (AU) di Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Rabu (29/8/2018).
ADVERTISEMENT
Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan mengatakan, minat generasi muda Kepri untuk masuk menjadi TNI AU tahun ini cukup besar, dan jumlah calon siswa bintara yang mengikuti tes dengan sistem gugur saat ini sebanyak 33 calon siswa dari jumlah awal sebanyak 49 orang.
"Seleksi harus dilaksanakan dengan ketat agar mendapatkan kandidat-kandidat Caba terbaik untuk mengikuti serangkaian tes tingkat pusat yang dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo," kata M. Dadan Gunawan saat meninjau langsung tes calon Bintara di Ruang Dirgantara Lanud Raja Haji Fisabilillah.
Ia menuturkan, tujuan dilaksanakan seleksi penerimaan ini adalah untuk mendapatkan Prajurit TNI AU sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan organisasi TNI AU yang termasuk dalam pembinaan personel TNI AU.
ADVERTISEMENT
“Dalam seleksi ini para casis tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis, jadi jangan tertipu oleh oknum yang akan memanfaatkan kegiatan penerimaan,” ujarnya.
Adapun sejumlah tes dilakukan sejak awal bulan Agustus, seperti tes administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes mental ideologi, tes psikologi, tes fisik dan postur, serta tes jasmani setelah itu dilanjutkan tes postur
“Seleksi kami mulai dengan berbaris, melepas baju, dan melakukan pengecekan terhadap postur masing-masing casis dimulai dari kemampuan menutup salah satu mata, postur dan bentuk tubuh, bentuk tangan, kaki, hingga cara mereka berjalan," jelasnya.
Selanjutnya akan akan dilakukan tes samapta yang terdiri dari dua kategori, kategori A untuk berlari selama 12 menit, atau minimal lari sejauh 2.400 meter, lalu samapta kategori B seperti push up, sit up, pull up, shuttle run, hingga tes kemampuan renang.
ADVERTISEMENT
"Bagi calon siswa yang lulus tes akan di kirim ke Lanud Adi Soemarmo di Solo untuk mengikuti seleksi tingkat pusat," katanya.
(adi)
*Baca berita menarik lainnya di Batamnews.co.id
Berita ini pertama kali terbit di Batamnews.co.id
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan